Tidak sedikit sekolah yang menyelenggarakan upacara bendera setiap seminggu sekali pada hari senin, hal tersebut justru membuat kebanyakan siswa dan siswi merasa bosan karena kegiatan yang terkesan monoton sehingga timbul perilaku seperti mengobrol, menjahili teman saat upacara berlangsung, bahkan sampai ada yang bolos untuk menghindari upacara tersebut. Selain itu, siswa dan siswi yang menjalani upacara menjadi terkesan terpaksa karena kurangnya kemauan dan kesadaran akan pentingnya upacara. Padahal upacara merupakan hal penting sebagai perwujudan suatu penghormatan bagi para pahlawan yang telah gugur. Oleh karena itu, mumpung masih muda kita harus selalu bersemangat dalam menjalani upacara bendera. Berikut ini merupakan tips untuk membangkitkan semangat upacara :

 

  1. Pikirkan hal yang membuat kamu berfikir positif dan dalam keadaan senang ketika menjalankannya

                Hal pertama yang kamu lakukan adalah pikirkanlah bahwa kamu akan mendapat banyak manfaat dari berlangsung nya upacara tersebut tidak hanya fisik tetapi juga psikis, seperti aura kebahagiaan akan mudah terpancar dan semangat dalam menjalani aktivitas selanjutnya karena diawali dengan pemikiran positif tersebut. Menurut Dr.Ibrahim Elfiky seorang motivator asal Mesir yang cukup terkenal menasehatkan jadikan konsentrasi Anda pada hal-hal yang positif hingga menumbuhkan rasa percaya diri apa pun yang terjadi. Percaya diri disini berkaitan dengan upacara itu sendiri bahwa kita harus percaya bahwa diri kita bisa melaksanakan upacara dengan baik dan lancar.

  1. Mengubah pemikiran (mindset) dari tujuan diselenggarakannya upacara

                Selanjutnya, yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengubah pemikiran dari tujuan upacara tersebut, dengan cara berfikir bahwa upacara itu diselenggarakan untuk menghormati jasa para pahlawan yang rela gugur demi memerdekakan bangsa dan memajukan tanah air, dan tidak hanya itu kita juga harus memikirkan berapa lama para pahlawan berjuang sampai titik darah penghabisan sedangkan kita hanya perlu beberapa menit hanya untuk sekedar upacara bendera tetapi sudah mengeluh.

 

  1. Menjadikan gebetan sebagai penyemangat untuk memulai hari senin saat upacara

           Tips terakhir ini mungkin bisa menjadi alternatif bila tips yang diatas tidak dapat kamu jalankan, tidak ada salahnya menjadikan si dia sebagai penyemangat, apalagi jika dia satu sekolah denganmu wah bisa sekalian curi curi pandang tetapi bila si dia memang tidak satu sekolah kamu dapat melakukan hal-hal yang berkaitan dengannya yang membuat mu senang seperti memikirkannya. Tetapi, ingat! harus tetap menjalankan upacara dengan sungguh-sungguh, jangan sampai malah membuat konsentrasimu terganggu nantinya.