Sejak kecil kita selalu didorong dan dinasehati agar selalu bisa mandiri, mulai dari belajar untuk bisa
mengatur keuangan sendiri sampai waktu bermain. Kebiasaan ini memang penting untuk dipraktekkan
dimana saja kita berada, kalau kita terlalu tergantung sama orang lain juga nggak enak kan? Tapi
ternyata sikap yang satu ini justru bisa menjadi hal yang nggak baik lho! Apalagi kalau kita nggak tahu
waktu dan terkesan nggak peduli pada orang lain yang berusaha menolong kita, simak dulu deh poin-
poin berikut!

Terlalu mandiri bisa jadi karena kamu terlalu egois
Saat kita memutuskan untuk mengerjakan apapun sendirian dan nggak peduli apa kata orang ada sisi
egois yang muncul dan kita turuti. Bahkan saat ada bantuan kesannya kita juga nggak merasa terbantu,
malah kadang mikir “Lho, kan aku bisa sendiri!”. Menjadi mandiri itu penting, tapi kalau terus-terusan
nurutin ego, bisa jadi sombong lho!

Being too hard on yourself isnt good
Berusaha keras untuk mendapatkan apa yang kita inginkan memang harus, tapi dengan sikap keras
seperti ini bisa membuat diri kita lupa diri. Nggak peduli saat ada yang mengingatkan kita dan akhirnya
kita sendiri yang rugi lho mulai dari tenaga dan pikiran. Belajar berbagi pada orang lain itu penting lho!

Kamu bisa jadi nggak peduli tentang pendapat orang lain yang membangun
Saat terbiasa untuk sendiri dan membuat pendapat orang lain nomor dua, sebenarnya kamu hanya
nggak ingin merepotkan orang lain aja sih. Tapi kalau dilakukan terus menerus, banyak pendapat yang
membangun pun nggak akan kamu dengarkan. Padahal mengetahui sesuatu dari berbagai perspektif itu
wajib!

Terus menerus menolak bantuan orang lain membuat mereka merasa diremehkan!
Gimana sih rasanya ketika kamu udah punya niat baik tapi ujung-ujungnya malah ditolak terus? Nggak
enak kan? Begitupun yang akan orang lain rasakan padamu ketika ada orang yang ingin membantu tapi
terus-terusan diremehkan. Lama-lama pertemanan juga bisa buyar!

Terbukti sikap mandiri yang berlebihan justru membuatmu sengsara sendiri, teman yang berusaha
untuk membantumu pun akan merasa diremehkan. Nggak baik kan untuk masa depan pertemananmu
nantinya? Jadi mulai sekarang yuk coba untuk lebih mindfull dalam bersikap!