Masa sekolah adalah masa paling menyenangkan yang kita alami, setuju nggak? Walaupun banyak tugas dan tuntutan belajat yang membuat kita pusing sendiri semua bisa kok kita lewati dengan senang hati. Salah satu hal yang membuat masa sekolah lebih ceria adalah adanya kegiatan ekstrakurikuler yang membuat kita selalu sibuk dengan kegiatan positif. Apalagi saat sekolah nilai dari ekstrakurikuler juga jadi salah satu penentu raport diluar nilai akademik, makanya kita nggak boleh asal dalam melakukannya dan waktu juga harus bisa kamu bagi dengan baik. Di bawah ini kita punya beberapa tips agar kegiatan ekskul nggak ganggu waktu belajar, cek yuk!

 

Belajar untuk bisa fleksibel dalam waktu belajar

Punya jadwal yang teratur penting bagi kita untuk belajar membagi waktu dengan baik, tapi saat ada kegiatan ekskul yang waktunya padat kamu harus bisa membuat waktu belajar lebih fleksibel. Kalau nunggu harus sampai rumah dulu malah nanti keburu capek. Manfaatkan jeda di sela waktu pulang sekolah sampai ekskul dimulai untuk sekedar buka buku catatan.

 

Fokus pada satu hal dalam satu waktu

Bisa melakukan banyak hal di satu waktu memang akan membuatmu lebih cepat menyelesaikan banyak tugas tapi kamu ujung-ujungnya malah nggak fokus lho! Saat kamu ingin belajar membagi waktu lebih baik hindari multitasking, lebih baik kamu fokus pada satu hal saja. Pisahkan ‘isi otak’ agar nggak mudah kepikiran dengan yang lain-lain saat belajar dan juga saat ekskul dimulai.

 

Usahakan belajar nggak pernah dadakan

Punya kegiatan ekstra kurikuler memang seru, tapi apa gunanya kalau kamu malah menomorduakan nilai saat pelajaran? Salah satu tantangan untuk bisa membagi waktu adalah mengerti bagaimana kebiasaan kita dalam belajar, jadi usahakan selalu membawa materi belajar kemanapun jadinya saat ada break ekskul bisa langsung dibuka deh!

 

Kalau kesulitan, coba sharing ke guru

Kehadiran sosok guru di sekolah lebih dari orang yang mengajarkan materi di kelas  tapi harus bisa jadi orang yang siap membimbing kita tentang apapun termasuk soal membagi waktu. Jangan ragu untuk share dengan gurumu ya!

 

Membagi waktu dengan baik adalah salah satu sikap penting yang harus dibiasakan mulai dari sekarang, karena tanpa kemampuan manage yang baik nantinya kita kesulitan saat ada banyak pekerjaan. Mana nih tips yang menurutmu paling membantu?