Bisa punya kebebasan untuk mengatur seberapa banyak uang yang kita gunakan adalah salah satu hal yang kita alami menjelang dewasa. Nggak bisa dipungkiri pasti seneng dong kalau kita sampai bisa punya tabungan yang banyak? Selain untuk membeli barang yang kita suka, kebiasaan menabung adalah hal baik yang harus bisa dilakukan sejak dini. Kalau kamu masih sulit menabung, wajib nih simak dulu beberapa tips yang ada dibawah ini!

 

Tentukan dulu mau nabung berapa di awal bulan

Kesalahan utama dari orang yang ingin belajar menghemat uang adalah tidak memotong dulu jatah tabungan di awal. Jadinya malah uang tabungan yang akan mengikuti seberapa banyak kamu menghabiskan uang untuk jajan. Padahal yang benar adalah kamu harus menentukan dulu berapa uang yang akan ditabung agar kebutuhanmu nanti nggak akan boros-boros amat.

 

Belajar disiplin dalam menghabiskan uang

Saat kita diberikan kebebasan untuk mengatur bagaimana kita mengelola uang, disiplin akan jadi peran yang penting. Contohnya jika kamu memberikan jatah untuk jajan adalah 30% dari jumlah keseluruhan, jangan gampang tergoda deh untuk jajan yang lain. Menahan diri itu penting!

 

Biasakan mencatat apa yang udah dibeli hari itu

Saat jajan dan membeli barnag kesukaan, pernah nggak sih menyadari ada berapa banyak uang yang akhirnya habis begitu saja? Malah kadang kita bingung deh di akhir bulan kok udah menipis? Untuk menghindari hal ini, sebaiknya kita mencatat pengeluaran mulai dari pagi sampai malam. Tujuannya supaya ngerti nih uang lari kemana!

 

Paksa diri untuk tidak mengambil uang

Satu hal lagi yang wajib kita patuhi adalah menahan diri untuk nggak mengambil uang tabungan, makanya kalau perlu tabung aja ke bank dan jangan menggunakan fasilitas ATM. Tujuannya supaya kamu ribet sendiri deh kalau mau ambil, maka keinginan untuk boros otomatis terlatih berkurang banyak.

 

Kuncinya adalah sadar diri, semakin banyak uang yang habis digunakan untuk kebutuhan sehari-hari maka kita juga harus menyeimbanginya dengan uang untuk menabung. Kira-kira tabungan kamu nanti untuk apa nih?