Setelah berjuang sekian lama untuk masuk ke SMA impian, kini kamu harus berhadapan dengan pilihan lain yang harus dijalani selama 2 tahun ke depan: pilih IPA atau IPS? Kedua jurusan yang selalu jadi bahan debat ini memang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, tapi untuk kamu yang punya perhatian lebih pada hubungan social tentu jurusan IPS udah jadi incaran. Memang jurusan yang satu ini nggak hanya membuatmu lebih cerdas, anak jurusan IPS pun terkenal punya social skill yang lebih. Kira-kira apalagi sih kelebihan jurusan ini? Simak dulu yuk dibawah!

 

Bisa menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi

Belajar tentang IPS berarti belajar tentang bagaimana manusia setiap harinya berkomunikasi, tapi nggak hanya untuk mengamati fenomena social yang terjdi di sekitar kita lho! Banyak mendapatkan teori tentang masyarakat dan dinamikanya akan membuat jiwa social kita tumbuh lebih tinggi, sikap ini tentu diperlukan agar kita nggak hanya asal komentar saat ada peristiwa yang terjadi.

 

Punya prospek kerja yang fleksibel

Jurusan IPS akan susah cari kerja? Siapa bilang? Justru nanti saat kuliah banyak jurusan yang bisa kamu pilih dan jurusan-jurusannya nggak terbatas pada kegiatan berhitung aja. Banyak jurusan yang siap mendukung karirmu dalam berbagai bidang mulai dari komunikasi, hospitality, masuk ke hubungan internasional sampai bisa jadi akuntan lho!

 

Akan membuatmu lebih teliti dan kritis

Anak IPS dituntut untuk bisa selalu mengamati peristiwa yang terjadi di masyarakat dan menganalisanya sesuai dengan teori yang diberikan. Tentu hal ini akan membuatmu lebih mudah berpikir kritis dan nggak asal menghakimi, sikap kaya gini tentu penting dan nggak heran kalau anak IPS bisa jadi teman diskusi yang baik.

 

Peduli tentang sejarah itu keren lho!

Nggak hanya belajar tentang fenomena yang terjadi pada masyarakat saat ini, anak IPS juga diajari untuk selalu mengingat sejarah. Bagaimana dan darimana kita terbentuk menjadi masyarakat yang ada sampai saat ini tentu melalui proses yang panjang jangan sampai kita melupakan perjuangan para pahlawan walaupun teknologi terus berkembang.

 

Jurusan IPS memang istimewa karena pelajarannya yang relatable banget sama kehidupan sehari-hari, tapi jangan sampai nantinya kamu lupa praktek di kehidupan nyata ya! Ilmu pasti akan lebih berguna kalau diamalkan dengan baik, udah semangat belum untuk belajar IPS nanti?