Saat melihat design atau hasil seni tertentu, pernah nggak sih kebayang bisa melakukannya juga? Entah itu menari, melukis atau sekedar bisa membuat design yang sederhana di laptop. Untuk kita yang nggak terbiasa berkarya dari segi seni, tampaknya bisa membuat orang lain kagum dengan apa yang kita buat itu susah! Apalagi kita yang merasa nggak punya bakat alami takut untuk mencoba gara-gara taste alias selera kita belum sesuai. Jangan khawatir, coba terapkan empat langkah berikut untuk meningkatkan selera kamu dalam seni! 

 

Mempertajam intuisi melalui meditasi

Meditasi berguna untuk kita yang punya banyak kegiatan dan membutuhkan moment agar kita lebih tenang. Tapi selain menenangkan diri, meditasi juga bisa mempertajam feeling kita termasuk saat menilai mana yang bagus dan tidak lho! Dari ketenangan lahirlah pikiran jernih yang bisa membuat kita makin oke saat berkarya.

 

Banyak melihat design yang bagus

Apa yang kita lihat akan tertanam di otak kita dengan baik, saat kita membutuhkan inspirasi misalnya untuk menggambar sesuatu percayalah akan banyak yang keluar! Maka dari itu biasakan mata kita untuk melihat banyak referensi design  yang bagus, agar taste kita juga ikutan nantinya.

 

Eksplorasi dengan membuat seni sendiri

Hal yang banyak menghalangi kita untuk belajar adalah takut mencoba, padahal bisa membuat seni yang bagus diawali dengan banyak percobaan lho! Jangan ragu untuk mengeluarkan pensil, kertas dan spidol warna-warni untuk membuat seni lukismu sendiri. 

 

Biasakan mencatat hal menarik yang ada di keseharian

Yakin dari awal keluar rumah sampai pulang nggak ada hal menarik yang ingin kamu tuliskan? Biasanya ide yang bagus banyak keluar dari pikiran yang ‘liar’ lho! Untuk mempertajam selera kita juga harus dipancing dengan banyak cara lho! Yuk beli jurnal khusus untuk menuliskan apa aja hal yang kita alami seharian!

 

Intinya kita harus membiasakan diri berlatih dan percaya diri terhadap apa yang kita lakukan, dengan rasa nyaman apapun bisa dilakukan dengan baik. Kira-kira hal apa nih yang ingin kamu eksplor lebih dalam di dunia seni?