Momen paling mendebarkan saat kita ada di bangku sekolah adalah saatnya tiba untuk raport dibaca oleh orang tua. Mulai dari bagaimana kelakuan kita saat di kelas dan nilai-nilai mana aja yang jelek akhirnya ketahuan deh! Memang sampai saat ini patokan nilai dan ranking masih banyak digunakan untuk menentukan standart kecerdasan kita, padahal setiap orang punya potensi yang berbeda-beda lho! Nggak usah khawatir kalau kamu nggak unggul dalam bidang matematika, mungkin kamu punya potensi lainnya. Bisa jadi ada diantara empat tipe ini lho, intip yuk!

 

Jago ngomong dan bisa bikin orang lain nyaman, kamu punya kecerdasan Interpersonal

Untukmu ngobrol dengan orang asing justru jadi hal yang menyenangkan, apalagi jika bisa membuat mereka nyaman dan terbuka padamu. Nggak semua orang bisa melakukan hal ini lho! Kecerdasan interpersonal banyak dibutuhkan di pekerjaan yang membutuhkan banyak interaksi, tentu nggak ada cara pasti untuk mengukurnya dengan angka.

 

Menikmati musik dan nggak sekedar mendengarkan? Berarti kamu punya kecerdasan musikal yang lebih!

Apakah kamu orang yang selalu kepo dengan duinia music? Nggak hanya mendengarkan, tapi ternyata kamu juga bisa kok memainkan instrumennya! Kecerdasan yang satu ini hanya bisa dinilai dari karya yang dihasilkan jadi kalau kamu udah mulai mengasah potensi ini, selamat!

 

Sering dibilang terlalu serius karena punya pertanyaan nyeleneh tentang hidup? Kamu punya kecerdasan eksistensial lho!

Sering merasa cemas sendiri saat melihat berita yang ada di media? Rasanya nggak tahan deh kalau dunia ini jadi tempat yang toxic karena beberapa hal dan kamu selalu berusaha untuk mencari jawaban atas apa yang terjadi di sekitar. Untukmu yang selalu mementingkan nilai-nilai penting dalam kehidupan seperti ini, artinya kamu punya kecerdasan eksistensial!

 

Lebih mudah mengerti alam? Bisa jadi kamu punya kecerdasan naturalis!

Bukan hanya suka dengan hewan untuk dipelihara, untukmu yang punya kecerdasan yang satu ini juga mementingkan bagaimana kualitas hidup alam yang ada di sekitar. Perhatianmu pada dunai flora dan fauna seperti ini tentu nggak bisa dilihat dari angka, ruang belajar untukmu adalah alam yang ada di sekitar.

 

Nggak semua orang terus-terusan membutuhkan hitungan dengan rumus cepat atau pandai membuat cerpen dengan diksi yang baik, nggak usah sibuk iri sama teman ketika mereka punya kecerdasan lain.