Sebagai pelajar yang pastinya udah sibuk dengan kegiatan di luar kelas, rasanya membuka buku di rumah udah males banget! Apalagi saat ada materi baru dan yang diajarkan dan sulit, mendengarkan subject-nya aja udah pengen tutup telinga deh. Tapi kira-kira mau sampai kapan malas buka buku sendiri untuk belajar mandiri? Nggak mau kan terus-terusan mengandalkan SKS alias Sistem Kebut Semalam yang hasilnya nggak maksimal? Coba yuk praktekkan empat kebiasaan ini supaya kamu punya study habit lebih baik!

 

Bangun pagi setiap hari, nggak hanya saat hari sekolah

Ngomongnya sih gampang, prakteknya susah banget nih! Punya jadwal sekolah full day memang tantangan tersendiri banget deh, tapi bukan berarti kamu bisa malas-malasan juga saat weekend. Kebiasaan baik untuk bangun pagi penting dilakukan agar suasana hati terjaga, kalau mood baik nanti saat kamu buka buku juga nggak akan jadi beban lho! 

 

Pakai bantuan aplikasi yang ada 

Untuk bisa ahli dan terbiasa dengan sesuatu apalagi ingin menumbuhkan kebiasaan baru memang akan membutuhkan banyak usaha, salah satu diantaranya adalah dengan memanfaatkan smartphone yang kita miliki. Banyak banget aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melancarkan proses belajarmu nanti, mulai dari reminder sampai habit tracker lho!

 

Selalu punya rencana belajar 

Kalau kita hanya berpaku pada apa yang dikerjakan tanpa target, percaya deh nggak akan banyak yang bisa dicapai akhirnya. Dalam membuat rencana belajar kita juga harus punya target sampai mana materinya selesai kita pelajari, bukan dari banyaknya waktu yang telah kita gunakan.

 

Praktekkan pomodoro yuk!

Udah nggak asing kan dengan istilah ini? Tapi kamu udah sempat praktek belum nih? Metode ini akan membuat waktumu belajar lebih efisien lho. Kamu bisa mulai dengan setiap 20 menit sekali break dari total waktu belajar dua jam. Percaya deh nggak akan terasa waktunya!

 

Empat cara diatas bisa kamu praktekkan segera saat tahun ajaran baru ini dimulai, mumpung semangat masih tinggi-tingginya nih! Nggak hanya untuk keperluan sekolah, saat kamu udah terbiasa teratur belajar apapun nanti pasti bisa lebih mudah!