Patut diakui dalam hidup kita peran orang tua tentu penting dalam berbagai hal termasuk menentukan jurusan apa yang nantinya diambil. Sayangnya mungkin banyak diantara kita yang pilihannya nggak banyak disetujui oleh orang tua. Mulai dari pertimbangan prospek kerja, lokasi kampus sampai finansial pastinya harus dipikirkan matang-matang. Namun kalau kamu ada beda pendapat dengan orang tua bukan berarti harus menyerah begitu saja! Coba terapkan beberapa langkah dibawah ini dulu deh agar nantinya orang tua bisa mendukung pilihanmu.

 

Dengarkan dulu apa pendapat dan pandangan mereka

Walaupun hidup dan dibesarkan di zaman yang berbeda, bukan berarti orang tua juga nggak bisa memberikan pertimbangan yang bijaksana. Kadang kita terlalu fokus pada diri sendiri dan menuruti ego yang sedang tinggi-tingginya sampai melupakan opini orang lain. Padahal seringkali ada sikap dan sifat yang kita nggak nyadar lho kita miliki.

 

Ajak orang tua keliling calon kampus

Kalau orang tua kamu ragu-ragu tentang suasana kampus dan bagaimana jurusannya nanti, langsung aja agendakan buat jalan-jalan masuk ke dalamnya. Supaya mereka bisa menilai sendiri dan mendapatkan info dari calon dosen yang ada di jurusan tersebut. Pihak kampus juga pasti membolehkan kok! 

 

Kenalin ke guru atau teman yang bisa memberikan pendapat

Orang tua kita membutuhkan banyak masukan dan juga bukti kalau apa yang kita pilih memang tepat, tapi tentu argument kita aja nggak cukup. Saatnya kamu bisa mengenalkan mereka ke guru atau teman yang punya pikiran sama denganmu. Saat mendapatkan informasi yang terpercaya, orang tua lebih mudah kan untuk mengerti apa keinginanmu?

 

Komunikasikan keinginanmu dengan sopan

Salah satu hal yang harus kita praktekkan dengan baik adalah kebiasaan komunikasi yang oke dengan orang tua. Memang kita punya pendapat yang berbeda, tapi bukan berarti kamu bisa mendebat mereka seenaknya sendiri. Percaya deh, membuat konflik nggak akan membantumu!

 

Kuncinya adalah saling mengerti dan bisa berkomunikasi dengan baik, tapi walaupun udah dibujuk dengan cara apapun orang tua masih nggak berubah pikiran, apa daya nih sepertinya kamu harus mengalah. Jangan berkecil hati dulu, siapa tau memang jurusan pilihan orang tua kamu nanti bisa jadi lebih baik untukmu!