Emangnya bisa sesibuk apa sih anak sekolah sekarang sampai harus diajarin untuk bagi waktu? Eits, jangan salah! Walaupun masih berada di bangku sekolah bukan berarti kemampuan untuk membagi waktu nggak penting. Justru dengan banyaknya kegiatan sekolah baik itu di dalam ataupun luar kelas, bisa membagi waktu dengan baik adalah hal yang wajib dilakukan. Kalau udah punya time management yang tepat, melakukan berbagai hal dalam satu hari nggak masalah, jadi lebih produktif deh! Kira-kira langkahnya gimana ya? Scroll dulu yuk!

 

Buat daftar dulu kira-kira apa yang harus diselesaikan

Agar nggak lupa mana aja hal yang harus dikerjakan dan punya deadline, maka kita wajib untuk menuliskan semuanya dalam check list. Nggak usah terburu-buru untuk langsung membaginya dalam jam dan hari, cukup daftar dulu aja jadi kamu bisa mengira-ngira nantinya mana yang harus jadi prioritas dan mana yang bisa jadi nomor dua.

 

Hentikan multitasking!

Jika dulu banyak yang bilang kalau multitasking akan banyak membantu pekerjaan selesai, ternyata nggak sepenuhnya benar lho. Pikiran yang nggak fokus justru akan membuat beban pikiran lebih banyak, otomatis pikiran yang stress nggak akan menghasilkan pekerjaan yang maksimal. Jadi mendingan saat membagi waktu benar-benar fokuskan satu aja.

 

Jujur pada diri sendiri

Yakin nih bisa belajar dengan konsentrasi penuh dalam satu jam tanpa jeda? Yakin bisa membaca 2 buku dalam satu hari? Nggak usah malu mengakui kalau kita belum bisa melakukan semuanya sesuai keinginan, sebaiknya kita mulai jujur pada diri sendiri agar suasana hati juga nyaman saat mengerjakannya. 

 

Kerjakan dulu mana yang mudah

Agar lebih efektif dan efisien, dari banyaknya hal yang harus kita selesaikan coba dilihat dulu mana yang sekiranya butuh waktu paling sedikit untuk diselesaikan. Dengan nyicil seperti ini, akan lebih banyak pekerjaan yang bisa selesai lho, kamu juga bisa konsentrasi untuk melakukan hal yang lebih penting. 


Nggak hanya berguna untukmu yang masih sekolah, membagi waktu dengan baik harus dikuasai oleh siapapun. Sebenarnya nggak ada standard bagaimana kita harus mulai bagi waktu, tapi semoga beberapa step diatas bisa membantumu ya!