Inilah salah satu keunikan Ramadhan!

Nggak terasa bulan suci Ramadhan sudah dekat nih! Persiapan apa yang kamu lakukan untuk
melaksanakan berbagai ibadah yang akan dilakukan? Udah siap dengan stok camilan untuk
buka puasa? Atau bahkan kamu udah mulai hunting baju yang akan digunakan untuk lebaran?
Apapun persiapan yang kamu lakukan, pastikan kamu tetap bisa fokus untuk berpuasa selama
belasan jam. Udah kebayang lemesnya puasa selama belasan jam, gimana jadinya kalau kita
tinggal di tempat yang punya waktu lebih lama ya? Intip yuk di negara mana aja!

Iceland
Wah ternyata di negara yang terkenal dengan udara dinginnya ini umat Islam harus ‘balapan’
untuk segera berbuka dan harus kembali bersiap-siap sahur lho! Itu karena zona waktu yang
berbeda membuat jam matahari terbit dan terbenam juga berdekatan. Disana sahur dimulai
pada pukul 2 pagi dan baru berbuka sekitar jam 9 malam!

Finlandia
Nggak hanya sering mencatatkan diri sebagai negara yang paling happy dengan system
pendidikan yang baik, umat Islam di Finlandia juga harus melaksanakan ibadah puasa nyaris 20
jam lho! Uniknya beberapa daerah di negara ini seperti di kota Rovaniemi, matahari seakan
nggak pernah terbenam jadi yang melaksanakan puasa disana harus benar-benar
mengandalkan jam.

Belanda
Negara yang terkenal dengan bunga tulip dan kincir angin ini juga ‘mendaftarkan diri’ sebagai
negara yang punya waktu puasa terlama. Umat Islam yang tinggal di Belanda harus
mempersiapkan diri untuk menahan lapar dan haus selama 18 jam saat bulan suci, uniknya saat
berbuka makanan khas Belanda juga jadi favorit lho apalagi kalo bukan bitterballen!

Kanada
Terkenal sebagai negara yang dingin, bukan berarti umat Islam yang ada di Kanada nggak
semangat untuk ikutan puasa. Buktinya walaupun harus menahan lapar dan haus selama 16

jam, tetap nggak ada pengecualian apapun. Kita bangun untuk sahur di Indonesia aja udah
kedinginan, apalagi disini ya!

Waktu yang kita miliki untuk berpuasa jika dijalankan dengan santai dan penuh semangat pasti
nggak terasa kok! Jangan lupa puasa tahun ini kamu harus bisa mempersiapkan diri lebih baik,
terutama dari segi asupan gizi dan juga menanamkan kebiasaan baik setiap harinya nanti. Kira-
kira negara mana nih yang ingin kamu kunjungi saat bulan puasa?