4 tipe anak sekolah saat dimintain contekan, kamu yang mana?

Saat ada tes yang menantang, apakah kamu tergoda minta contekan?

 

Salah satu memori yang nggak akan kita lupakan dari bangku sekolah adalah saat-saat genting waktu ujian yang udah mau abis, tapi masih ada soal yang belum terjawab. Di saat seperti inilah kita yang nekat akan mulai cari bantuan darurat, alias cari teman yang berbaik hati akan membantu kita. Tentu nggak semua temanmu mau berbagi jawaban dan beragam reaksi yang mereka tunjukkan. Kalau posisi dibalik, mana nih yang akan jadi reaksimu?

 

“Pokoknya enggak!”

Sama sekali nggak bisa diganggu deh ketika dia ngerjain, biasanya sih ini  adalah tipe overachiever yang akan berbagi jawaban setelah test selesai. Bukan nggak mau bantuin kamu, tapi males aja kalau membantumu sekali akan membuatmu ketagihan untuk mencontek,  jadi kamu sabar aja ya!

 

“Bentar, aku masih ngerjain..”

Tipe yang ini nih kadang jadi yang paling nyebelin, gimana enggak? Udah tau temennya mau curi-curi moment, tapi bukannya mendukung malah ngasih harapan palsu. Biasanya sih mereka ingin mengulur waktu agar kamu nggak lagi minta jawaban, mending coba jawab sendiri deh daripada nungguin!

 

“Gapapa, nanti kasih kode aja”

Nah kalau yang ini sih lebih fleksibel, walaupun harus repot menentukan kode-kode tertentu yang akan dia kirimkan sebelum jam ujian dimulai. Kode-kode yang standart yang dibuat adalah dengan memanfaatkan ketukan alat tulis tertentu atau suara batuk. Tapi bisa jadi pengawas tes langsung tau deh apa yang kamu lakukan.

 

Pura-pura tidur

Biasanya anak sekolah yang satu ini lebih memilih untuk memejamkan mata setelah selesai menjawab semua pertanyaan. Walaupun waktu masih panajng, mendingan tutup mata di meja deh, nggak mau noleh kanan kiri untuk menawarkan bantuan. Kalau nemu yang seperti ini, mending kerjain sendiri!

 

Dari empat tipe diatas, mana nih yang kira-kira kamu banget? Atau kamu yang lebih suka minta contekan daripada ngasih jawaban? Apapun posisimu nantinya, ingatlah apa yang dilakukan saat ujian adalah melakukan test untuk mengetahui seberapa ngerti kamu dengan materinya. Jika mencontek yang kamu lakukan dan lolos terus, malah nanti kamu kaget saat ada ujian yang penting!