Nggak ada ruginya kok dekat dengan guru!


Untukmenciptakan suasana yang mendukung jangan sampai hanya bergantung pada pihak sekolah, kita sebagai pelajar juga harus bisa menciptakan suasana yang nyaman. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan membuat hubungan baik terjalin antara murid dan guru. Pahlawan tanpa tanda jasa ini seringkali jadi sosok yang kita takuti daripada kita hormati, padahal peran mereka penting banget lho! 

 

Nggak perlu jadi ranking satu, cukup bisa hargai kehadiran guru

Memberikan orang lain ruang dan waktu untuk bicara, bisa memberikan tanggapan dan bisa tenang saat guru datang adalah bentuk menghargai yang bisa kita lakukan. Mudah kan? Tapi apakah kamu sudah melakukannya dengan baik? Karena kita kadang fokus sama diri sendiri sampai lupa melakukan hal-hal kecil ini.

 

Selalu sapa saat ada di dalam maupun luar sekolah

Bukan untuk sok kenal, tapi untuk menciptakan suasana belajar yang baik juga harus bisa dimulai dari diri sendiri. Saat kamu mengapresiasi keberadaan guru di luar jam sekolah atau bahkan di luar sekolah beliau juga senang kok!

 

Tawarkan bantuan 

Nggak jarang saat proses mengajar guru membutuhkan banyak alat dan juga mungkin membawa tas yang cukup berat, saat kamu mengetahui keadaan seperti ini, lebih baik kamu bisa menawarkan bantuan. Sekecil apapun itu akan tetap dihargai kok oleh gurumu!

 

Jangan keburu menyela apa yang beliau katakan

Proses belajar bukan hanya sekedar memberikan materi yang ada di buku untuk ‘dimasukkan’ ke dalam otak. Namun juga untuk membentuk pola pikir yang baik, maka dari itu proses diskusi juga sering dilakukan dalam kelas. Mungkin saat diskusi terjadi ada beberapa opini gurumu yang nggak kamu setujui, tapi jangan keburu menyela ya!

 

Selalu persiapkan diri sebaik mungkin saat belajar

Alat tulis udah lengkap, PR udah selesai dan buku catatan udah siap kamu isi. Saat melihat hal ini tentu gurumu bisa dengan nyaman memulai proses belajar, otomatis hubungan murid dan guru juga minim dengan masalah.

 

Udah pernah kan mendengar kasus dimana ada murid yang terang-terangan melawan gurunya? Perbuatan seperti ini tentu nggak bisa ditiru oleh siapapun, walaupun kadang memang ada beberapa sikapnya yang nggak kita setujui, bukan berarti kita bisa seenaknya sendiri. Semoga poin-poin diatas bisa membantumu untuk dekat dengan guru ya!