Saat berada di rumah dan bertemu dengan orang tersayang seperti orang tua dan kakak, pasti ada rasa
seneng dong. Bisa menjadi diri sendiri dan berbagi cerita adalah hal favorit yang harus ita hargai sebaik-
baiknya. Tapi ketika kamu jadi anak bungsu alias anak terakhir semua bisa berubah! Menjadi anggota
keluarga yang paling muda kelihatannya memang banyak enaknya, namun banyak juga momen yang
membuat kita sebagai anak bungsu merasa posisi kita selalu menyebalkan. Coba cek deh poin-poin kita
dibawah ini!

Saat punya opini akan jadi nomor sekian
Mentang-mentang jarak umur kita dengan kakak jauh dan orang tua kita belum bisa percaya
sepenuhnya dengan penilaian kita, opini tentang apapun rasanya susah banget untuk didengarkan orang
lain. Padahal belum tentu kana pa yang kita sampaikan nggak sesuai? Makanya untuk menyampaikan
pendapat harus dipikir-pikir dulu deh.

Paling banyak yang diperhatikan sama orang sekitar
Salah satu hal yang selalu dikaitkan dengan keberadaan anak bungsu adalah perlakuan manja yang
banyak kita terima dari orang rumah. Nggak salah sih karena kita yang paling muda dan butuh banyak
bimbingan, tapi kalau gini terus justru kita makin susah untuk jadi mandiri lho!

Pengen keluar malam? Banyak nggak dibolehinnya!
Saat ada teman yang ngajak keluar saat weekend sampai malam kita harus patuh dengan jam malam,
berbeda dengan kakak kita yang bebas mau kemana aja.

Harus jadi manusia yang sempurna karena udah ada contoh sebelumnya
Keberadaan sosok kakak dalam hidup kita memang nggak akan terganti, selain bisa jadi pelindung
mereka juga telah merasakan jadi anak seumuran kita. Oleh karena itu kita selalu dibandingkan dengan
kakak yang lebih tua dan dituntut untuk nggak melakukan ini dan itu. Kapan bebasnya nih jadinya?

Suka nggak dipercaya untuk melakukan sesuatu sendirian

Orang yang lebih dewasa memang kadang membingungkan. Saat kita pengen mencoba pergi ke tempat
baru atau melakukan hal penting sendirian akan dilarang habis-habisan, tapi saat kita nggak bisa
melakukan berbagai hal sendiri malah dibilang manja.

Nah, walaupun kita selalu menerima perlakukan manja dari orang-orang sekitar dan menguntungkan
kita seringkali perlakuan ini malah membuat kita nggak mandiri. Belum lagi mendapatkan kepercayaan
orang tua pasti susah banget! Kira-kira dari beberapa poin diatas mana nih yang kamu banget?