Sebagai pelajar kita dituntut untuk bisa menimba ilmu dimanapun dan kapanpun, dengan kualitas pendidikan yang oke diharapkan kita akan jadi generasi yang lebih baik. Nggak heran deh kalau banyak banget lembaga beasiswa yang selama ini jadi impian para pelajar dari seluruh Indonesia. Tapi tentu proses yang dilalui nggak semudah mengajukan pendaftaran aja, ternyata ada beberapa hal penting yang nggak boleh dilewatkan saat kamu ingin apply beasiswa ke luar negeri. Apa aja ya kira-kira? Simak yuk dibawah ini!

 

Tumbuhkan mental kuat untuk nggak malu bicara

Saat kita berada di kota orang atau bahkan negara lain, hal yang harus kita ubah adalah kebiasaan untuk berkomunikasi. Mau nggak mau kita harus banyak beradaptasi dengan budaya yang berbeda dan hal ini bisa dimulai dengan mudah yaitu nggak malu untuk bicara. Walaupun bahasanya masih belepotan di mulut, yakin deh usaha kamu akan dihargai!

 

Mulai rajin belajar selain bahasa Inggris

Mahir dalam bahasa Inggris emang udah jadi kewajiban dan standart yang harus dipenuhi, tapi kalau kamu bisa punya kemampuan untuk lancar berbahasa lain tentu akan jadi nilai plus. Menguasai bahasa lain selain bahasa internasional ini juga menunjukkan tingkat kecerdasanmu lho!

 

Komunikasi oke, wawasan harus tetap luas!

Kalau secara mental udah siap dan kemampuan berbahasa juga meningkat, pastikan kamu bisa fleksibel saat membahas topik selain pelajaran. Wawasanmu harus diperbaharui dengan berbagai pengetahuan, percaya atau tidak akan menambah rasa percaya diri!

 

Pastikan nilai secara konsisten naik

Salah satu hal yang nggak boleh dilewatkan adalah bagaimana kamu mengatur waktu untuk belajar, kalau sekarang aja belum ada progress yang berarti gimana nanti kalau kamu sendirian di luar negeri? Selain nilai harus oke, pastikan bisa naik secara berkala.

 

Udah tau tentang negara mana yang akan dituju dengan baik

Kalau yang ini sih udah wajib dilakukan! Entah itu nanti kamu googling atau bisa gabung dengan grup pertukaran pelajar, pastikan kamu udah mendapatkan informasi yang valid. Jangan sampai nantinya ketika ditanya motivasi, kamu malah masih terlihat ragu dan pasrah aja. 

 

Langkah-langkah diatas akan memudahkanmu secara mental sebelum masuk ke tahap wawancara, yakin deh kalau udah punya bekal melakukan poin-poin diatas hati juga akan lebih tenang. Kira-kira ke negara mana sih kamu ingin belajar?