Setelah berhasil melalui ujian sekolah dan ujian nasional yang bikin stress, kini saatnya kamu memutar otak lagi untuk menentukan kemana kamu akan melangkah. Untuk kamu yang memilih meneruskan ke bangku kuliah, tentu udah harus punya gambaran mau masuk ke jurusan yang mana. Berbagai cara untuk mendapatkan informasi tentu kamu jalani, mulai dari menggali informasi di internet dan bertanya ke kakak-kakak yang udah menjalani dunia kampus. Nah berikut ini kita sediakan beberapa pertanyaan yang bisa kamu tanyakan. Simak ya!

 

Apakah prospek kerjanya nanti baik?

Belajar saat kuliah nggak hanya sekedar mendapatkan absen yang baik dan IPK yang bikin bangga orang tua, tapi juga gimana nasibmu nanti setelah lulus. Bertanya tentang prospek karir ke kakak kelas yang udah ngerasain bangku kuliah dan magang juga penting lho! 

 

Perlu nggak sih jurusan sesuai sama passion?

Nah kalau yang ini akan membuatmu semakin realistis dalam memilih jurusan, jangan sampai nantinya apa yang kamu pilih nggak bisa mendukung jenjang karir. Hidup dengan passion aja nggak cukup, jangan sampai waktumu 4 tahun saat ada di bangku perkuliahan hanya jadi pemuas egomu aja.

 

Kalo milih jurusan lain, apakah bisa lebih menguntungkan?

Karena udah banyak pengalaman dan teman, menanyakan perbandingan jurusan pada kakak kelas tentu jadi hal yang wajib. Siapa tau mereka ada saran yang bisa membuatmu punya prospek lebih baik ketika nanti lulus. Nggak hanya mengandalkan IPK aja!

 

Kenapa harus masuk jurusan ini?

Untuk kamu yang masih bingung, menanyakan hal ini adalah hal yang wajib! Kamu harus tau kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh jurusan yang kamu suka, daripada nantinya kamu menyesal dan nggak mendapatkan informasi lengkap lho!

 

Kira-kira nanti konsentrasinya bisa mendukung nggak saat kerja?

Biasanya saat awal semester akan ada banyak materi umum yang dipelajari, saat kamu udah mendekati masa mengerjakan skripsi kamu harus bisa memilih konsentrasi jurusan yang sesuai. Kakak kelasmu nanti bisa memberikan insight yang pas dalam hal ini untuk kamu jadikan bahan pertimbangan.

 

Beberapa pertanyaan tadi penting kamu tanyakan agar kamu nggak terjebak pada perasaan senang di awal kuliah, dengan jadwal padat yang kamu miliki nanti jangan sampai kamu lupa kalau setelah lulus harus mulai dipikirkan. Kira-kira ada pertanyaan tambahan nggak nih?