Kalau dipikir-pikir, keberadaan smartphone  saat ini udah membuat kita ketergantungan banget ya? Pasti hal pertama yang kita lakukan setelah bangun tidur ya cek notifikasi dulu, hehe. Nggak heran kalau sekarang juga mulai banyak gerakan untuk detox dari gawai yang kita miliki semua bertujuan agar kita nggak ketergantungan. Tapi jangan kebutu matiin smartphone  kamu dulu untuk belajar, coba pasang beberapa aplikasi dibawah ini agar kegiatan belajarmu makin lancar!

 

Notion, akan membantumu mendaftar apa aja yang perlu diselesaikan

Aplikasi ini punya fitur yang super lengkap lho, mulai dari membagi per chapter apa aja yang harus diselesaikan, plus kamu juga bisa tag teman untuk menandainya dalam tugas kelompok. Biasanya aplikasi ini digunakan oleh para professional saat mengerjakan project bareng, tapi nggak ada salahnya kok kamu coba untuk belajar!

 

Pomodoro App, sebagai reminder waktu belajar

Pomodoro akan memaksimalkan waktu belajarmu agar bisa selesai ini dan itu dalam kurun waktu dua jam aja. Tapi tenang, setiap 20 menit kamu akan break kok selama 5 menit, jadi nggak capek-capek banget nih otaknya. Saat mempraktekkan metode ini, kamu bisa menggunakan bantuan dari aplikasi Pomodoro yang banyak banget pilihannya di PlayStore. 

 

Google Keep, selalu update dalam catatan kecil di smartphone

Nah kalau yang ini udah jadi banyak kesayangan tiap orang! Biasanya aplikasi ini berguna saat kamu tiba-tiba harus menambahkan item di to-do-list dan juga menambahkan catatan tertentu. Selain ringan, aplikasi ini juga bisa digunakan berbagai akun Google lho, jadi nggak ribet deh mau switch ke akun yang mana. 

 

AppBlock, memblokir aplikasi yang kira-kira akan membuatmu terdistraksi

Siapa nih yang masih suka ‘nggak sadar’ buka scrolling Instagram feed atau membaca tweet lucu saat waktunya belajar? Memang udah kecanduan banget sih dalam bersosial media, sampai-sampai waktu belajar banyak berkurang. Kalau udah gini harus segera install aplikasi yang akan memblokir semua akses sosmed nih! Tenang aja, kamu bisa menjadwalkan kapan aplikasi sosmed aktif lagi kok.


Memang semua hal punya dua sisi yang kadang berlawanan banget, seperti keberadaan teknologi yang satu ini nih. Kalau kita udah tau bagaimana cara memaksimalkannya, ngerasa rugi kan kalau nggak cepat-cepat install aplikasi diatas? Mana nih yang kira-kira akan paling banyak membantumu nanti?