Belajar. Mendengar satu kata itu aja kadang udah bikin kita malas, apalagi untuk mempraktekkannya setiap hari dengan beban yang makin banyak. Kegiatan satu ini bukan hanya jadi kewajiban untukmu yang masih ada di bangku sekolah untuk mendapatkan nilai bagus aja, tapi dengan belajar kamu bisa membentuk kebiasaan baik dan belajar manajemen waktu. Dari sekian banyak cara belajar yang udah kamu jalani, mana nih yang paling efektif? Kalau belum nemu, coba scroll  dulu yuk beberapa tips dibawah ini!

 

Pecah beberapa materi dan tulis dalam kartu warna-warni

Jangan salah, walaupun melakukan kegiatan ini kelihatannya lebih ribet, tapi hasilnya oke lho! Apalagi kalau kamu tipe pelajar yang lebih kuat di bagian visual, mengingat materi tertentu bisa kamu kaitkan dengan warna kertas yang ada. Kamu juga bisa main tebak-tebakan materi dengan dirimu sendiri saat ingin menguji ingatan.

 

Belajar bareng teman dengan merubah materi ke dalam bentuk game

Belajar memang nggak asik kalau sendirian terus, makanya saat ada kesempatan untuk belajar bareng bisa kamu manfaatkan untuk sekalian kumpul, nggak hanya ngobrol dan saling sharing materi aja, kalian juga bisa main game dengan saling memberikan kuis dengan tema pelajaran tertentu.

 

Coba ilustrasikan materi saat membacanya

Kadang otak kita nggak cukup hanya menyerap apa materi yang diberikan dari hasil membaca, dengan menambah gerakan tertentu yang dilakukan dengan anggota tubuh lain bisa memberikan kita ingatan lebih baik. Coba kaitkan materi dengan gambar sederhana yang kamu buat sendiri deh! Dijamin saat mencoba memvisualkan materi akan lebih mudah.

 

Membaca sambil olahraga ringan

Aliran darah yang lancar ke otak kita nggak hanya membuat tubuh fresh tapi juga membuat ingatan kita lebih baik. Coba sesekali kamu stretching sambil membaca ringan materi yang diberikan, seimbang deh antara olahraga fisik dan otak!

 

Nah terbukti kan untuk belajar nggak perlu ribet dan selalu serba serius, kalau semua bisa kamu bawa santai aja kenapa nggak? Satu lagi nih, yang penting kamu udah belajar dengan niat untuk mencari ilmu! Dijamin dengan niat yang tulus, materi akan lebih mudah masuk ke dalam otak!