Punya mental yang kuat akan membuat kita jadi orang yang lebih baik, gimana enggak? Saat nanti kamu ada masalah, dengan mental yang kuat pasti akan jadi lebih tenang. Terlebih untuk kita nih yang masih dalam masa pertumbuhan, untuk mempunyai mental yang oke juga harus jadi prioritas. Jangan sampai kena tugas-tugas sekolah yang berjibun lalu dengan mudahnya kita stress. Untuk mempunyai mental yang kuat memang nggak bisa instan kok! Berikut ada beberapa cara agar kamu bisa memulainya dengan baik. Simak yuk!

 

Punya goal dan disiplin mewujudkannya

Melatih pikiran untuk kuat secara mental artinya kita juga harus fokus pada prioritas yang kita lakukan. Punya banyak energi daripada dihabiskan untuk emosi lebih baik melakukan sesuatu yang produktif kan? Jadi yuk mulai dengan langkah sederhana yakni mendaftar apa aja yang ingin kamu lakukan hari ini di buku agenda! 

 

Banyak praktek self-love dengan olahraga

Siapa bilang olahraga hanya berguna untuk mereka yang melakukan diet? Olahraga juga penting untukmu yang ingin punya pikiran lebih sehat lho. Hormon yang dihasilkans etelah olahraga akan membuatmu lebih bahagia, otomatis ketika pikiran jernih akan bisa lebih fokus sepanjang hari.

 

Perbanyak baca buku agar punya banyak perspektif baru 

Buku bukan hanya jadi jendela dunia, tapi juga bisa membuat pikiranmu lebih segar dengan mengetahui sudut pandang orang lain. Saat kamu bisa lebih tenang menghadapi perbedaan yang ada, nantinya kamu juga bias punya mental yang lebih tangguh lho.

 

Sebelum beraktivitas, sempatkan diri untuk meditasi agar selalu fokus

Kita akan selalu mencari cara agar pikiran kita tenang, salah satu hal yang bisa kamu lakukan setiap hari adalah meluangkan waktu untuk meditasi. Meditasi akan banyak membantu kita memikirkan hal yang lebih penting daripada nanti termakan emosi saat ada masalah.

 

Jangan banyak mikir hal yang nggak bisa kamu kontrol

Mental yang kuat ditandai dengan adanya sikap tenang di lingkungan sekitar, saat kita mudah emosi artinya mental kita masih lemah nih. Padahal apa yang terjadi di luar tubuh kita nggak bisa kita kendalikan lho, stop overthinking!

 

Semua orang pasti punya cara masing-masing agar kondisi pikiran tetap jernih, proses ini juga harus dilakukan nggak hanya saat remaja tapi pada saat nanti kita sudah dewasa. Kira-kira langkah mana yang akan kamu praktekkan duluan nih?