Guys tau gak apa itu miskin dan kaya? apa yang ada dibenak kalian tentang kata miskin dan kaya? Apakah orang kaya selamanya merasa bahagia dan orang miskin selamanya merasakan penderitaan ? Apakah orang miskin tidak dapat melakukan apa-apa karena keterbatasannya sedangkan orang kaya dapat melakukan segalanya karena ekonomi yang lebih tinggi ?

Teringat, sebuah kisah yang sempat viral dari Bau-Bau Sulawesi Tenggara seorang ibu Anisa yang berusia 50 tahun berprofesi hanya sebagai seorang pemulung yang rajin menyisihkan sebagian uang hasil jerih payahnya untuk menyumbang di kotak amal Masjid Asbabulsalam dekat rumahnya. Ia mengaku tidak takut dan khawatir bila uang sedekahnya mengurangi hasil pendapatannya yang dicarinya selama ini. “Saya ikhlas menyumbang ( sedekah), biar rezeki saya gampang datang, dan saya bisa melunasi utang saya Rp 5 juta di orangtua saya dan mertua saya,” ucap Anisa.

Dan kisah berikutnya yang sempat viral di dunia maya yaitu seorang wanita yang cantik dan kaya raya yang berprofesinya Menjadi miss kecantikan, mungkin menjadi dambaan bagi seluruh perempuan yang ada di belahan dunia. Namun siapa yang menyangka, salah satu miss Venezuela lulusan fakultas hukum, yang tiba –tiba menjadi gelandangan selama 15 tahun. Tragisnya, Ruizb ditemukan meninggal dalam kondisi melarat. Perempuan kelahiran 1973 ini, ditemukan meninggal dunia di salah satu taman pada Mei 2015 lalu. Dan tragisnya lagi Ruizb mati tidak diketahui oleh siapapun baik itu keluarganya maupun fans-fansnya.

Dari dua kisah yang sempat viral diatas, kita dapat menyimpulkan arti kaya dan miskin yang sesungguhnya. Seorang pemulung saja mampu menyisihkan uang hasil kerjanya untuk di sumbangkan, justru kita biasa lihat orang yang tinggi ekonominya saja jarang menyisihkan uangnya untuk di sumbangkan. Dan lebih tragisnya lagi orang-orang kaya yang biasa kita pikir hidupnya mewah dan bergelimang harta, bisa saja jatuh miskin hingga membuatnya depresi bahkan bunuh diri. Ini berarti tidak semua orang miskin hidupnya susah dan tidak semua orang kaya hidupnya senang dan bahagia.

Kita sebagai pemuda harus berperan dalam mewujudkan perdamaian di Indonesia mulai dari linkungan sekitar, terutama dalam lingkungan sekolah. Kita dapat mengadakan event atau lomba. Seperti dalam pertandingan sepak bola, tarik tambang, terompah yang tentunya membutuhkan kekompakan dan kerja sama antar tim, contoh dari permainan tersebut sangat membutuhkan kerjasama yang baik. Karena permainan tersebut tidak memandang dari pihak manapun Sehingga anak yang ekonominya tinggi tidak lagi melihat status pelajar yang ekonominya rendah.karna mempunyai tujuan yang sama yaitu menang. Langkah ini dapat mengatasi kesenjangan dari segi ekonomi yang berbeda antar pelajar melalui kerjasama yg baik.