Di era teknologi saat ini, memang bukan hanya kecerdasan dalam membaca dan literasi yang penting tapi juga bagaimana kita menanggapi sesuatu. Mulai dari berita yang serius sampai sekedar meme yang beredar harus bisa kita cerna sesuai dengan porsinya. Tapi nggak bisa dipungkiri, apa yang kita lihat seringnya membuat kita emosi sendiri dan akhirnya memicu keributan di dunia maya. Mental yang matang dan dewasa selalu penting untuk kita jaga dan berikut ini ada beberapa tanda kalau kamu belum punya mental yang kuat. Simak baik-baik yuk!

 

Selalu memikirkan apa kata orang lain

Banyak yang bilang kalau apa kata orang tentang diri kita nggak usah dipikirkan, tapi sayangnya untukmu yang belum terbiasa tentu hal ini jadi masalah. Keadaan mental yang belum stabil akan membuatmu ribet dan kepikiran tentang apa pendapat orang lain, padahal apa yang dilakukan dan dipikirkan orang nggak bisa kita kontrol, lho!

 

Mudah terganggu dengan hal-hal kecil, akhirnya sulit konsentrasi

Saat kamu belum bisa menahan amarah dan emosi yang ada dalam dirimu, tentu bisa membuatmu gagal untuk konsentrasi pada hal yang penting lainnya. Coba deh agar terus bisa fokus selalu ingat apa tujuanmu saat mengerjakan sesuatu dan jauhkan distraksi seperti smartphone  dan social media!

 

Lebih mudah mengeluh

Walaupun mengeluh adalah hal yang wajar dilakukan dan boleh dilakukan oleh siapapun, coba ingat-ingat deh hari ini aja apakah udah ada yang kamu keluhkan? Kalau iya, berarti mental yang kamu miliki belum tangguh nih! Karena biasanya sikap lebih kuat ditunjukkan untuk bertahan dalam situasi yang sulit. 

 

Takut banget keluar dari zona nyaman

Memang berada di tempat yang aman dan memberikan kita kenyamanan adalah hal yang menyenangkan, tapi kalau terus-terusan berada di tempat yang sama kapan dong bisa maju? Dengan mental yang tangguh, tentu berada dalam situasi apapun akan jadi lebih mudah. Jadi untuk memperkuat mentalmu, yuk jangan ragu untuk coba hal baru!

 

Nggak hanya berguna di dunia maya, punya mental yang tangguh juga penting untuk bertahan apalagi saat masa-masa genting. Tanpa mental yang kuat malah kita nggak bisa fokus lho! Untukmu yang ternyata memenuhi beberapa poin diatas, yuk perbanyak interaksi dengan orang lain dan menantang diri sendiri!