Memasuki fase dewasa awal banyak hal menantang yang akhirnya harus kita lakukan, apalagi kalau kamu termasuk orang yang sedang merantau. Menjalankan tugas untuk kuliah sekaligus kerja di tempat asing, tentu jadi hal yang ‘menyeramkan’. Tapi jangan khawatir, lama-lama kamu akan terbiasa kok dengan rutinitas yang serba sibuk seperti ini. Untuk menambah semangatmu, kita punya beberapa tips agar waktu kuliah dan kerja bisa kamu jalani dengan baik, simak dulu yuk!

 

Catat semua hal yang harus dilakukan

Biar nggak gampang lupa, jangan lupa awal minggu luangkan waktu 30 menit sampai satu jam untuk mendaftar apa aja yang harus kamu kerjakan. Mungkin kelihatannya bakalan bayak banget, tapi saat kamu udah bisa membaginya perhari sepanjang minggu, nggak akan terlihat padat banget kok!

 

Jangan lupakan me-time saat ada kesempatan

Saat kamu sibuk, tenaga banyak tersita untuk melakukan ini dan itu sih tapi bukan berarti kamu nggak berhak punya waktu sehari atau beberapa jam untuk ‘malas-malasan’ dengan nonton series favorit! Waktu ini juga bisa kamu manfaatkan untuk sekedar ngopi bareng teman, dengan seimbangnya jadwalmu akan lebih mudah kok bagi waktu, semangat dan  mood  juga akan terjaga.

 

Langsung kerjakan sesuai dengan jadwal

Menunda nggak akan pernah baik untukmu, biasanya sih yang banyak menghalangi adalah rasa malas akibat semangat yang naik turun. Ingatlah konsekuensi saat kamu nurutin mood yang mudah berubah dan memutuskan untuk nggak nurutin jadwal. Bukannya akan lebih banyak tugas dan pekerjaan yang harus kamu kerjakan dengan resiko nggak tepat waktu? Siapa dong yang rugi akhirnya?

 

Pastikan punya metode belajar yang tepat

Saat kamu harus membagi waktu dengan pekerjaan, harus diakui kadang studi harus siap jadi nomor dua, kalau sudah begini cara belajarmu harus dievaluasi nih. Bawa buku atau catatanmu kemanapun kamu pergi, supaya bisa kamu buka saat ada kesempatan juga boleh banget!

 

Selalu fokus di kelas

Nggak mau kan kalau akhirnya harus mengorbankan waktu belajar demi pekerjaan terus? Untuk mengejar ketertinggalan materi pastikan kamu juga bisa konsentrasi penuh di kelas. Jangan sampai pikiranmu kemana-mana.

 

Nggak semua orang mendapatkan kesempatan sepertimu lho, maka dari itu saat kamu bisa menjalani pekerjaan tertentu saat kuliah patut disyukuri. Diantara tips-tips diatas, mana nih yang belum kamu terapkan dengan baik?