Pernah nggak sih saat membaca materi pelajaran yang penuh dengan tulisan kamu malah nggak konsentrasi? Rasanya walaupun udah membalik halaman berkali-kali, tetep aja kamu nggak ngerti apa yang kamu baca. Entah karena kamu bosan atau kamu nggak semangat, kegiatan belajar yang harusnya menyenangkan malah jadi hal yang kamu hidnari hanya karena nggak ngerti gimana caranya belajar yang efisien. Daripada bingung karena banyak waktu yang akhirnya terbuang, coba terapkan beberapa tips ini yuk!

Belajar banyak hal dalam satu hari

Memang rasanya berat untuk bisa belajar beberapa hal dalam satu hari apalagi materi yang ada berasal dari buku yang berbeda. Tapi jika kamu membayangkan ribetnya duluan, nggak akan mulai belajar dong! Coba deh untuk menghindari rasa jenuh belajar materi yang itu-itu aja biasakan untuk membaca materi dengan berbagai topik. Dijamin otak kamu akan jauh dari kata bosan!

"Mengerti" lebih baik daripada "menghafal"

Meluangkan waktu lama untuk belajar bukan berarti kita bisa langsung mengerti apa yang kita baca, kebanyakan malah kita membuang waktu untuk sekedar menghafal padahal nggak ngerti deh apa maksudnya. Untuk menghindari hal ini terjadi, mulailah untuk memasukkan konteks dalam apa yang kamu hafalkan, lebih baik jika kamu bisa mencari contoh untuk menggambarkan materi.

Lakukan 'review' setiap bab secara berkala

Membaca sekilas materi yang diberikan itu penting lho! Saat selesai belajar kamu harus meluangkan waktu untuk melihat kembali materi yang telah dipelajari setiap hari. Repetisi kegiatan ini akan membuat waktu belajarmu lebih efisien karena sebelumnya udah pernah kamu lihat.

Jangan fokus pada hasilnya, coba perhatikan prosesnya

Saat kita terfokus pada hasil, banyak langkah yang kita tempuh cenderung asal-asalan. “Pokoknya nilai nanti harus 80” atau “Pokoknya nanti harus juara kelas” tapi kalau kita nggak punya metode yang tepat untuk belajar jadinya percuma dong? Mulailah fokus untuk bagaimana cara belajar yang baik, daripada memikirkan nilai melulu.

Punya cara belajar yang tepat akan membuat kita lebih nyaman saat belajar dan rasa nyaman ini yang bisa membuat kita bisa mengerti materi lebih baik. Walaupun cara belajar semua orang belum tentu sama dengan mempraktekkan langsung mana yang baik akan membuatmu berpikir lebih kreatif untuk mengerti mana yang terbaik untukmu.