Siapa bilang hidup sendiri itu nggak menyenangkan?

Kedewasaan bukan hanya ditentukan oleh cara bersikap dan dilihat dari usia yang bertambah, tapi
bagaimana kita bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Bagaimana kita bisa merawat diri dan
bisa mandiri saat ditempatkan di situasi sulit juga penting lho! Jika dulunya ada banyak teman dan
keluarga yang bisa membantu kita, saat kamu pindah tentu akan jadi tantangan tersendiri. Kira-kira
gimana ya cara mudah supaya kamu bisa bertahan? Yuk simak beberapa poin kita dibawah ini!

Awali dengan mindset positive
“Tinggal di kota asing itu bahaya!”, “Kalau aku pindah terus kesepian gimana dong?” jangan keburu
berpikiran negative! Memang kadang kita harus skeptis agar bisa membuat persiapan lebih, namun
positive attitude datang dari pikiran yang juga optimis. Percayalah, saat berada di tempat yang asing,
pikiran negative hanya akan membuat kita paranoid melakukan apapun.

Berbuat baik pada tetangga itu penting!
Saat teman dan keluarga jauh, siapa sih yang akan menolong kita pertama kali saat ada apa-apa kalau
bukan tetangga? Jadi jangan sampai kamu nggak menyempatkan diri untuk kenalan dan membuat
mereka juga nyaman dengan kehadiranmu. Cukup sapa setiap hari, kalau bisa sempatkan ngobrol deh!
Membawakan mereka oleh-oleh saat kamu ada kesempatan juga oke kok!

Ingat, semua orang juga mengalami yang kamu rasakan saat ini
Saat kamu merasa sendirian, memang akan banyak pikiran negative yang datang, maka dari itu dengan
gabung di komunitas akan membuatmu merasa lebih baik. Keberadaan teman yang baru bisa
membuatmu lebih betah saat berada di tempat yang asing. Semua orang juga pernah merasakan ada di
posisimu kok, jadi nggak ada alasan untuk takut.

Jangan mudah tergoda barang lucu, nabung pangkal kaya lho!
Hal lain yang jadi godaan saat bebas tanpa pengawasan adalah bebasnya kita untuk menggunakan uang,
namun jika nggak hati-hati justru membeli barang yang lucu-lucu aja bisa lupa nabung nih! Jangan
sampai kamu lupa diri menghabiskan jatah bulanan, lebih baik bisa komitmen ke financial plan yang
sudah kamu buat sebelumnya!

Saat kita berada di tempat yang asing, otomatis pikiran dan tubuh kita berada dalam ‘survival mode’
yang bermanfaat saat keadaan kepepet. Dengan menerapkan beberapa poin diatas, semoga kamu
nantinya udah mendapatkan gambaran betapa menyenangkannya bisa hidup mandiri. Bagaimana
menurutmu?