Dengan banyaknya bombardir informasi dari media dan ada di semua platform, pernah nggak sih merasa kalau kepribadian dan cara berpikir kita juga berubah? Dulu awalnya saat ada berita kita hanya duduk manis di depan televisi dan percaya aja dengan apa yang dikatakan. Namun saat ini kebebasan untuk bisa berkomentar dan mengakses media dimanapun juga membuat kita lebih mudah termakan hoax kalau gampang percaya. Disinilah kemampuan untuk berpikir kritis punya peran yang penting, bagaimana sih cara memulainya? Yuk ikuti langkah yang ada dibawah ini!

 

Sabar dalam menghadapi segala situasi

Salah satu langkah awal dalam berpikir kritis adalah dengan nggak merespon segala hal yang ada di depan mata dengan gegabah. Sikap yang tenang akan membuat kita berpikir jernih, hasilnya kita juga bisa mengamati hal-hal yang lebih penting juga lebih solution oriented saat ada masalah.

 

Mencoba menempatkan diri di posisi orang lain

Saat kita sulit berpikir kritis artinya kita belum paham bagaimana orang lain menanggapi sesuatu, oleh karena itu saat ada masalah kita wajib menempatkan diri pada posisi tertentu. Memandang dari sisi orang lain yang ada di sekitar kita juga nggak ada ruginya kok! Rasa empati dan simpati juga bisa kita munculkan dari hal sederhana ini. 

 

Jangan biasakan berasumsi

Tanggapan negatif pertama yang kita berikan saat ada masalah juga punya pengaruh yang penting dalam membentuk pola pikir yang kritis. Ada baiknya kita nggak berasumsi yang aneh-aneh dulu nih saat ada masalah, bersabar dan mau mengerti orang lain dulu adalah kunci agar pikiran kita lebih kritis.

 

Ingat kalau nggak semua orang sama sepertimu

Manusia diciptakan berbeda nggak hanya fisiknya aja tapi juga dalam bentuk isi pikiran dan pendapat, saat ada pendapat orang lain yang bertentangan kadang kita ingin membela diri. Padahal saat kita bisa mengerti orang lain dan ingin berpikir lebih kritis, kita juga harus sadar kalau cara pandang orang berbeda-beda.

 

Jangan khawatir kalau kamu dibilang terlalu serius, cara berpikir kritis bisa membuatmu jadi lebih cerdas lho. Lagian nggak ada salahnya kan untuk mempertanyakan hal-hal yang ada di sekitar kita?