Bertengkar dengan Orangtua? Ini Cara Mengatasinya!

Fera Rahmatun Nazilah

 

Seringkali terjadi nih pada kita, ketika kecil begitu manja dan penurut, tiba-tiba di masa remaja jadi sering membantah orangtuanya. Duh kamu pernah ngalamin ini juga nggak nih? Tak jarang, kita malah ngambek atau bertengkar deh ama orang tua kita.

Nah, kita sebagai anak memang seharusnya menuruti perintah orangtua. Tapi bagaimana kalua orangtua justru punya pandangan yang berbeda dengan kita. Apalagi, tak jarang orangtua kita malah mengambil keputusan sepihak dan memaksa kita untuk menuruti kemauannya. Jadinya konflik deh. Hmmm…

Eh tapi konflik dengan orangtua nggak bisa dibiarkan begitu saja loh, coba deh beberapa cara ini agar konflik kamu dan orangtuamu segera berakhir:

Jangan egois

Egois menjadi salah satu sumber konflik dengan orangtua. Kita tentu mau dimengerti, tapi kadang nggak mau ngertiin orangtua. Padahal bukan cuma kita aja yang perlu dimengerti, tapi orangtua juga loh.

Misalnya kamu minta dibelikan Hape baru, kamu mau orangtuamu mengerti bahwa kamu sangat membutuhkan motor untuk bepergian dengan teman-teman. Tapi orangtuamu malah enggan membelikannya.

Nah, coba kamu tanyakan dulu alasannya, jangan egois dengan keinginanmu sendiri. Kamu juga harus mengerti keadaan orangtuamu, mungkin mereka belum punya cukup biaya untuk membelikanmu saag itu, atau mungkin orangtuamu punya kebutuhan lain yang lebih mendesak.

Jadi, cobalah saling mengerti dan jangan egois ya Gaes.

Segala Sesuatu Bisa Dibicarakan kok

Ketika kamu berlainan pendapat dengan orangtuamu, jangan langsung marah-marah dan membantah orangtuamu. Ungkapkanlah kemauanmu dengan perkataan yang baik. Sebutkan alasan dan apa manfaatnya bagimu. Dengarkan juga pendapat orangtuamu. Lalu sepakati dengan bijak apa keputusan yang harus diambil.

Jangan sampai kamu egois dengan pemikiranmu sendiri, kadang remaja bersifat labil dan tidak menimbang konsekuensi yang terjadi. Sedangkan orangtua kadang tak memahami keinginan remaja, karena usia yang terpaut berbeda. Cobalah cari solusi bersama, jangan sampai menentukan keputusan sepihak.

Ingat penyelesaian konflik nggak selalu berupa kalah dan menang loh, win win solution juga bisa menjadi pilihan. Dengan demikian, tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Tenang, Yakinkan Dirimu bahwa Segalanya akan Baik-baik Saja

Nah, kalau yang ini sih tinggal dilakuin kok. Yakinlah orang tua kita begitu sayang kok sama kita dan ingin yang terbaik. Jadi, kita tidak bisa dong lari dari masalah terus, atau terus ngambek ama orang tua. Ya kan…

Semoga  cara di atas bisa membantumu menyelesaikan konflik dengan orangtuamu ya. Ingatlah bahwa keridhoan Allah berada pada keridhoan orangtua. Jadi buatlah orangtuamu ridho pada semua keputusan yang kamu pilih dan jalani.

Jangan sampai membuat mereka marah apalagi murka. Semoga hubungan kita dengan orangtua selalu baik ya.