Kebebasan untuk membuat acara di sekolah adalah hal yang pasti kamu pengen terjadi, apalagi udah mendekati masa akhir bangku sekolah nih rugi dong nggak ada acara yang seru! Waktu-waktu inilah yang banyak digunakan para anak OSIS untuk berlomba pitching ide prom night yang oke. Tapi jangan salah, merancangnya pun nggak bisa sesuka hati, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan agar pihak sekolah juga nggak ragu memberikan dukungannya. Simak dulu yuk beberapa poin dibawah ini sebelum membuat proposal acara!

 

Pastikan temanya punya dampak yang positif

Walaupun sekolah telah memberikanmu kebebasan untuk menentukan tema, bukan berarti yang kamu angkat bisa sembarangan. Nggak mungkin dong mengangkat tema yang kesannya negative untuk sekolah? Coba eksplor ide kreatif dengan mengusung tema yang bisa membuat nama sekolah juga ikutan naik, cobain tema prom ‘go green’ boleh banget tuh!

 

Jangan memaksakan dress code 

Biasanya yang paling ditunggu saat prom selain guest star adalah bagaimana penampilan teman-teman nanti saat malam prom tiba. Kalau biasanya ada dress code unik yang harus dipatuhi, wajib hati-hati nih! Karena tentu sekolah kamu nggak mau juga ribet kalau ada yang protes tentang pakaian yang harus dipakai nanti.

 

Untuk venue, pastikan kondisi lingkungannya kondusif

Memilih tempat untuk mengadakan acara yang penting juga harus dipertimbangkan baik-baik, lokasi yang terlalu jauh serta lingkungannya yang kadang rawan bisa membuat idemu ditolak. Biasanya sih kebanyakan pihak sekolah langsung menyarankan untuk mengadakan prom di area sekolah aja.

 

Jujur tentang budget!

Masalah yang paling sensitive satu ini memang tricky banget deh! Karena biasanya anggaran yang turun nggak sesuai dengan jumlah yang kita minta. Hal ini memang dilakukan untuk mengontrol anggaran budget yang nggak penting-penting banget, jadi usahakan saat menyusun proposalnya nanti jujur aja. Apa yang sudah kamu kerjakan pasti dihargai kok!


Nah udah tahu kan kira-kira mana nih yang perlu ditambah dan dikurangin saat mengajukan proposal? Memang malam pesta prom akan jadi acara yang penting, makanya eksekusi jangan sampai salah dan ujung-ujungnya bikin masalah!