Masuk ke dunia perkuliahan akan ada banyak tantangan yang harus kamu lalui, mulai dari buku-buku kuliah yang tebal ditambah dosen yang kadang killer banget! Belum lagi harus bisa menjaga hubungan social yang baik antar teman nih, bikin jadwal nongkrong juga makin padat, hehe. Namun dengan banyaknya hal yang kamu lakukan jangan sampai nggak ikutan ekskul nanti! Ekskul waktu kuliah memang nggak masuk pertimbangan IP, tapi bisa membuat mentalmu lebih sehat. Kalau masih bingung mau ikutan yang mana, simak dulu rekomendasi kita dibawah ini!

 

Gabung dengan komunitas pecinta riset

Siapa bilang penelitian itu selamanya membosankan? Hanya karena banyak dilakukan di kertas yang mungkin menurutmu jadul, bukan berarti kegiatan ini juga ikutan nggak seru lho! Justru dengan banyak melakukan riset kita jadi lebih teliti dalam melihat suatu fenomena, insting dan caramu untuk memandang permasalahan juga jadi lebih fresh. Psst, terbiasa riset juga akan membuat skripsi jadi lebih lancar!

 

Punya cita-cita jadi jurnalis? Gabung aja ke koran kampus yuk!

Bisa jalan-jalan kesana kemari, ketemu dengan orang penting plus jadi yang pertama tahu saat ada peristiwa adalah beberapa alasan kenapa banyak orang mau jadi jurnalis. Apakah kamu salah satunya? Kalau iya, yuk segera cari open recruitment bagaimana jadi wartawan kampus! Walaupun apa yang nantinya kamu tulis hanya di sekitar bukan berarti skill  menulis yang kamu punya nanti nggak akan terpakai dan berguna lho! 

 

Perdalam ilmu fotografi dengan masuk ke club-nya!

Seneng nggak kalau bisa mendapatkan foto yang keren untuk postingan di Instagram? Kalau iya, jangan ragu untuk memperdalam ilmunya! Terbukti saat ini profesi sebagai fotografer juga laris lho, nggak ada salahnya kan memulai dari sekarang walaupun hanya coba-coba?

 

Udah punya bekal olahraga yang oke? Coba perdalam aja saat kuliah

Untukmu yang punya bakat dalam bidang olahraga seperti basket, lari maupun cabang lainnya, jangan males untuk ikutan lagi saat kuliah! Dengan tingkat yang lebih tinggi, saat kamu seriusin bisa jadi jalan untuk mendapatkan beasiswa juga lho!

 

Nah terbukti kan, ekskul waktu kuliah nggak kalah seru dengan apa yang udah pernah kamu jalani dulu waktu sekolah! Bedanya sekarang kamu udah lebih bebas dari segi waktu, kira-kira mana nih yang akan kamu pilih sebagai kegiatan tambahan nantinya?