Belajar bisa jadi aktivitas yang menyenangkan kok!

Belajar. Hmm, kadang mendengar satu kata ini aja otak kita udah nguing-nguing. Terbayang berbagai
materi sekolah yang berat dan rumit, plus tidak banyak waktu yang kita miliki untuk mempelajari
semuanya membuat kita udah nggak semangat. Tapi sebagai seorang pelajar yang baik, kita harus bisa
memanfatkan waktu untuk bisa belajar semaksimal mungkin. Kalau kamu jenuh, coba deh terapkan 5
langkah ini! Simak ya!

Cobain belajar bareng stranger yuk!
Pernah denger tren GONG BANG? Tren ini dilakukan oleh orang yang membuat video dirinya sedang
belajar dengan durasi yang cukup lama. Tren yangmaish satu saudara dengan Mukbang ini membuat
kita merasa punya teman saat belajar, coba deh cari genre video ‘study with me’ di YouTube!

Beri reward untuk diri sendiri nggak masalah kok
Seneng dong rasanya kalo mendapatkan hadiah karena kita udah bekerja keras? Nah kamu juga boleh
banget melakukan hal ini pada diri sendiri, nggak usah takut merasa bersalah, asalkan kamu bisa terus
semangat kenapa nggak dicoba?

Nikmati prosesnya, ia nggak akan mengkhianati hasil!
Kata-kata ini pasti sering banget kamu dengar, namun kenyataannya mempraktekkan hal ini juga nggak
mudah. Karena kita yang merasakan sendiri bagaimana prosesnya, kadang godaan untuk menyerah itu
deket banget! Dibalik struggle yang kamu alami harus tetap optimis ya!

Lengkapi catatan dengan stabilo dan post it warna-warni
Jika kamu terbiasa untuk membaca dan menghafal aja, coba kali ini tambahkan warna-warna cerah pada
buku catatan atau buku pelajaran. Dengan adanya warna-warna ini kamu akan lebih mudah ingat apa
yang kamu baca, plus buku catatan juga jadi seru untuk dilihat lebih lama.

Musik adalah teman setia untuk belajar!

Suka mendengarkan musik saat berangkat atau pulang sekolah? Coba deh kali ini kamu tambahkan
suasana ceria dengan music saat belajar! Pastikan genre-nya juga bisa membuatmu tetap ceria dan
tenang sembari membaca materi.

Belajar adalah proses untuk mengerti tentang dunia, apapun materi yang kamu pelajari pasti bisa jadi
hal yang berguna untuk masa depan. Dengan membuat belajar jadi hal yang menyenangkan bukan jadi
beban, dijamin akan membuatmu terus semangat! Biasanya apa sih yang kamu lakukan saat bosan
belajar?