^_^ Berandal Menjadi Handal ^_^

Di antara kebun bunga yang indah,tidaklah pasti kita akan menemukan  semua bunga adalah yang terbaik. Namun di setiap kebun pasti akan ada 5 sampai 10 bunga yang berjumlah baik. Begitu juga dengan siswa dan sekolah , sekolah merupakan taman dan siswa nya adalah bunga . begitu lah perumpaannya. Disetiap 100%  siswa di sekolah tidaklah tertutup kemungkinan di setiap sekolah mempunyai satu kelompok siswanya yang bisa di bilang kurang baik atau lebih sering di sebut brandal dan nakal.

 Tapi apakah mereka akan di biarkan begitu saja,?

Brandal dan nakal pengecappan nama bagi suatu kelompok atau pun seseorang. Menurut KBBi Berandal  berarti  orang orang yang tidak taat pada peraturan,pengacau .  dan berandal sama deskripsinya dengan nakal. Anak anak yang biasanya di cap  dengan panggilan seperti ini adalah anak anak yang memang mempunyai sifat dan tingkah laku yang buruk di lingkungan nya.

Jadi , bagaimana sebenarnya dengan mereka?

Menurut hasil pengamatan yang di lakukan di Man Kota Pariaman ,dari +- 600 siswanya, 10 siswa di cap atau mendapat gelar sebagai siswa nakal di sekolah. Kenakalan  mereka yang menjadikan mereka sebagai anak anak yang tidak memperdulikan pelajaran dan lupa akan tujuan dari  mereka datang dan bersekolah.  Bukan hanya itu saja kenakalan mereka juga menjadikan mereka semakin tidak memanuhi peraturan .

Bolos saat jam pelajaran ,mengganggu kegiatan ekskul , terlambat , tidak mematuhi peraturan  baik itu dalam pembelajaran maupun peraturan  busana. Namun tahukah kita bahwa di balik sikap keras kepala dan juga tidak mau di atur mereka ada faktor penyebab sikap sikap buruk itu muncul, diantaranya:

Tidak mendapat perhatian cukup,ikut ikutan,ingin merasa bebas,dan lain lainnya. Dengan hal hal di atas seharusnya kita sebagai teman sebaya  hendaknya mampu merangkul mereka agar menjadi sesuatu yang luar biasa. Karena pada faktanya anak anak nakal itu juga dalah bagian dari sebuah pendidikan, yang  juga mempunyai mimpi dan cita cita yang sama besarnya dengan harapan dan cita cita anak anak kebanyakan. Jadi disini hendaklah kita mampu mengajak dan merangkul mereka semua , baik dengan cara pengadaan kegiatan bersama mereka ,mengajak pada hal hal positif dan melakukan segala hal yang dapat menunjang mereka menjadi orang orang yang mampu berkarya dan bermimpi serta mendapat tempat di lingkungan sosialnya. Seperti ,mengajak mereka membuat konten konten positif. Dan yang perlu kita ingat adalah bahwa meski dengan perbedaan yang ada harusnya kita bisa untuk saling menyokong,merangkul. Membenarkan apa yang memang benar dan memperbaiki apa yang salah.