Pernahkah kalian melihat sampah yang menggunung di area sekolah?

            Setiap sendi kehidupan kita pasti tidak dapat dipisahkan dari keberadaan sampah, entah itu di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat. SMAN 1 Wonogiri memberi perhatian besar terhadap fenomena sampah tersebut dengan menerapkan program bank sampah yang diberi nama “Bukan Bank Biasa”, yang dikelola oleh siswa. Besar antusias warga sekolah dalam kegiatan bank sampah ini. Bank sampah dinilai efektif dalam menanggulangi masalah sampah di SMAN 1 Wonogiri.

            Sistem pengelolaan sampah melalui bukan bank biasa ini dilaksanakan dengan kerjasama setiap kelas. pertama, setiap kelas akan mengumpulkan sampah terutama botol plastik yang telah dikumpulkan. Setelah itu akan ditimbang. Selanjutnya, setiap kelas akan diberikan buku tabungan sesuai dengan kelas dan disana akan ditulis berat sampah yang sudah ditimbang dan jumlah harga sampah per kilogram.

Hal ini tertuang dalam berbagai kegiatan. Siswa dapat mengasah kreatifitas melalui hasil pengumpulan sampah di mata pelajaran prakarya. Hasil kreasi siswa dapat berupa vas bunga, boneka, bros, celengan, dan lainnya yang akan dipamerkan dalam rak-rak yang berada di sepanjang koridor.

Kegiatan yang tak kalah menarik yakni setiap hari Jumat, siswa menimbang dan mengumpulkan sampah di bank sampah untuk dijual. Kegiatan pegumpulan ini dilakukan oleh masing-masing kelas. Hasil penjualan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan kelas.  Kelas yang mampu mengumpulkan sampah terbanyak maka akan mendapat hadiah berupa voucher makan di kantin sebesar Rp 10.000,00 yang berlaku selama sebulan.

Jiwa wirausaha menjadi poin penting dalam kegiatan bank sampah. Apabila kegiatan bank sampah dilakukan secara rutin, akan melahirkan daya saing dalam berusaha. Para siswa akan memiliki semangat dalam berkontribusi karena adanya manfaat didalamnya. Dampaknya kesadaran serta kreativitas siswa akan berkembang saat melihat sampah. Kini saat melihat sampah bukan kata kotor, bau, dan jorok yang terpikir. Akan tetapi, kata indah, unik, cantik, dan mewahlah yang terlintas di benak siswa.