Pernah nggak sih mendengar kalimat “’Kan dia udah umur segini, kok belum dewasa sih?” Memang ngomongin tentang kedewasaan sedikit rumit. Nggak semua orang bisa punya standart sikap dewasa yang sama karena setiap pengalamanlah yang membentuk kepribadian. Ada yang baru menginjak usia masuk sekolah menengah atas tapi kelihatannya udah dewasa banget, tapi ada juga yang udah kerja tapi malah kelakuannya seperti anak kecil. Tanda-tanda kamu udah dewasa memang ukan patokan umur, tapi ada beberapa sifat yang mulai muncul, simak yuk! 

 

Bisa lebih tenang saat ada masalah

Hal pertama yang bisa jadi patokan apakah kamu sudah dewasa atau belum adalah bagaimana menyikapi masalah yang ada. Semakin muncul rasa sabar dan keinginan untuk menyelesaikan masalah daripada harus tenggelam berlama-lama adalah sikap dewasa yang baik.

 

Mau mengerti sudut pandang orang lain

Saat kita ada perbedaan pendapat, apa nih yang akan kamu lakukan? Mencoba mengerti dari sudut pandangnya atau berusaha mempertahankan rasa egois kita? Kalau kamu memilih yang pertama, selamat! Kamu sudah menunjukkan tanda sudah dewasa dengan mau mengerti apa yang orang lain lihat.

 

Lebih menghargai waktu 

Siapa bilang ngaret itu biasa? Justru kalau diteruskan akan jadi kebiasaan yang nggak baik. Semakin dewasa semakin kita sadar kalau ada banyak prioritas yang harus didahulukan, maka dari itu jangan sampai kita tidak menghargai waktu yang ada.

 

Merasa rugi jika nggak bisa memanfaatkan waktu luang

Masih nyambung dengan poin diatas, waktu juga semakin kamu sadari jadi hal yang penting dan akan merasa rugi kalau dibuang percuma. Lebih baik waktu yang ada bisa dimanfaatkan untuk belajar hal yang menyenangkan dan menambah wawasan.

 

Mulai rajin untuk olahraga

Kesehatan adalah hal yang penting, sakit aja nanti biayanya bisa selangit lho kalau nggak dijaga! Makanya semakin kamu dewasa, perhatian sama kesehatan nggak bisa jadi nomor sekian lagi. Biasanya sih udah mulai rajin untuk olahraga!

 

Untuk menjadi dewasa sepenuhnya butuh proses yang panjang bahkan seumur hidup, karena semakin banyak kita bertemu orang semakin banyak pula rasa bijak yang muncul. Jangan khawatir pula kalau ada sifat dewasa yang belum muncul, semua hanya butuh waktu!