Waspadai Teman yang Menusuk dari Belakang. Ini Lima Ciri-Ciri Teman Baik yang Harus Kamu Tahu

Fera Rahmatun Nazilah

Sebuah notif pesan masuk ke whatsAppku, “Jangan berhenti Fer, kerjain terus. Ayo, Kita harus lulus SMA bareng!” Membaca pesan tersebut, mataku langsung berkaca-kaca. Senang rasanya ada teman yang begitu peduli di saat mulai lelah dalam belajar.

Memiliki teman baik tentu saja menjadi harapan semua orang. Kehadiran teman baik juga sangatlah penting, Rasulullah Saw bahkan bersabda:

الْمَرْءُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ، فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ

“Seseorang tergantung pada agama teman dekatnya, maka hendaklah setiap kalian melihat siapa yang akan ia jadikan sebagai teman dekat” (HR Abu Daud)

Hadis di atas menganjurkan kita untuk memilih teman dekat yang baik, karena teman baik akan mengantarkan kita menuju gerbang kebaikan. Bagaimana dengamu? Sudahkah mempunyai teman baik? Kalau belum, lima ciri-ciri ini bisa membantu kamu temukan teman yang baik!

Jujur Sama Kamu

Sebuah pepatah Arab mengatakan:

جَالِسْ أَهْلَ الصِّدْقِ وَالوَفَاءِ

Bertemanlah dengan orang yang jujur dan menepati janji

Teman yang baik akan selalu jujur kepadamu. Berteman dengan kawan yang jujur akan membuatmu terbiasa berkata jujur juga. Jika sudah saling jujur dan terbuka, bohong dan khianat nggak akan ada di kamus persahabatanmu.

Selalu Ada dalam Suka Maupun Duka

Teman yang tulus adalah ia yang selalu ada untukmu di kala suka maupun duka. Jika kamu sedang bahagia, ia akan ikut bahagia. Jika kamu sedang berduka, ia akan menghiburmu dan membantumu. Ketulusan seseorang dalam berteman justru biasanya terlihat saat sedang susah loh. Sebagaimana pepatah Arab:

مَوَدَّةُ الصَّدِيْقِ تَظْهَرُ وَقْتَ الضِّيْقِ

Kecintaan (ketulusan) seorang teman akan tampak pada waktu susah

Kalau ada teman yang hanya datang saat kamu punya uang supaya kecipratan traktiran, tapi saat kamu sedang susah ia tiba-tiba menghilang, berarti ia belum tulus tuh berteman denganmu.

Senantiasa Mengajak Kepada Kebaikan

خَيْرُ الأَصْحَابِ مَنْ يَدُلُّكَ عَلَى الخَيْرِ

Sebaik-baiknya teman adalah orang yang mengajakmu kepada kebaikan

Teman yang baik akan mengajak kamu melakukan hal-hal positif dan bermanfaat. Bukan mereka yang menjebloskanmu kepada maksiat dan kejahatan. Jadi kalau ada teman yang mengajakmu menggunakan narkoba, minum minuman keras dan tauran tentu saja mereka bukan teman yang baik buatmu.

Sebaliknya, kalau temanmu mengajakmu melakukan hal-hal bermanfaat seperti mengaji, belajar bersama, berdonasi untuk korban bencana, dan hal baik lainnya, sudah pasti ia teman baik buatmu. Teman yang kayak gitu jangan sampai lepas.

Berakhlak Baik

Rasulullah Saw diutus oleh Allah Swt untuk menyempurnakan akhlak. Akhlak adalah hal pertama yang harus ada dalam diri seseorang. Rasulullah Saw bersabda “Tidak ada yang lebih berat dalam timbangan daripada akhlak yang baik, dan sesungguhnya orang yang berakhlak baik akan mencapai derajat orang yang berpuasa dan shalat." (HR Tirmidzi)

Carilah teman yang berakhlak baik, yang sopan dan santun tutur katanya, yang hormat kepada orang yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda. Kalau generasi muda mempunyai akhlak yang baik, dijamin deh dunia ini akan aman dan tentram.

Berakal dan Pandai

Teman yang berakal, pandai tapi tidak sombong baik loh untuk kesejahteraan persahabatan kamu. Saking pentingnya ini, bahkan muncul pepatah Arab yang mengatakan:

عَدُوُّ عَاقِلٌ خَيْرٌ مِنْ صَدِيْقٍ جَاهِلٍ

Musuh yang pandai lebih baik dari teman yang bodoh

Berteman dengan orang yang pandai akan membuatmu semakin termotivasi untuk lebih banyak belajar. Bahkan musuh yang pandai bisa jadi lebih baik buatmu daripada teman yang bodoh.

Keberadaan rivalmu di kelas akan membuatmu jadi lebih semangat belajar, kamu akan terus meningkatkan kualitas belajarmu agar tak kalah dari dia. Sedangkan teman yang bodoh tidak memberikan perubahan apapun, ia bahkan membuatmu lengah dengan bermalas-malasan.

Lima ciri-ciri tersebut bisa menjadi barometer buat kamu untuk mencari teman baik. Kalau ciri-ciri tersebut sudah ada pada temanmu, dijamin pertemanan dan persahabatan kamu akan langgeng dunia dan akhirat. Tapi jangan hanya mencari teman yang baik, kita juga perlu memperbaiki diri agar bisa menjadi pribadi yang baik untuk teman kita.