Saat mendapatkan kesempatan untuk belajar di kampus impian perasaanmu tentu senang dong! Tapi bukan berarti perjuanganmu untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik terhenti begitu saja saat kuliah. Menyandang status sebagai mahasiswa, kamu harusnya sadar kalau banyak kesempatan terbuka lebar untuk mendapatkan beasiswa dari kampus. Mulai dari itu beasiswa alumni maupun yang kamu dapatkan dari penghargaan karena prestasi, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan supaya kampus melirikmu sebagai kandidat penerima beasiswa. Simak poin-poin kita dibawah ini  yuk!

 

Punya kegiatan diluar kelas yang bermanfaat

Kecerdasan teori bisa dibuktikan dengan nilai yang baik dan absensi yang ada di kelas, tapi untuk mendapatkan penghargaan lebih dalambentuk beasiswa tentu kandidatnya nggak hanya harus cerdas di kelas. Memperbanyak aktivitas di luar kampus dengan berbagai organisasi juga akan jadi nilai plus lho!

 

Selalu aktif ikutan kompetisi

Walaupun kamu nggak menang, mencatatkan diri sebagai seorang finalis juga penting lho. Nama kamu bisa membawa nama baik kampus sampai ke luar lingkungan pendidikan, tentu bisa menjadi nilai tambah saat kamu mengajukan diri untuk mendapatkan beasiswa.

 

Punya catatan yang baik di lingkungan kampus

Bukan tentang rapi dalam mencatat materi ya, tapi jangan sampai kamu punya track record jelek di mata dosen manapun! Jangan salah, walaupun kelihatannya dosen cuek=cuek aja bahkan nggakhafal nama, kalau ada mahasiswa yang bandel pasti hafal deh! Apalagi nanti kalau misal ada yang bolos lalu kamu malah ikutan nongkrong deh di kantin, bisa-bisa impianmu untuk mendapatkan beasiswa hilang hanya karena nggak mau masuk kelas. 

 

Gunakan waktu untuk membuat penelitian

Bisa mengamati masalah apa yang terjadi di lingkungan dan membuat kampanye untuk menyelesaikannya adalah salah satu tugas mahasiswa sebagai agent of change. Begitupun saat kamu punya inisiatif membuat penelitian bareng dengan dosen, wah pasti jalan akan lebih mulus deh agar beasiswa sampai di tanganmu.

 

Dengan melakukan beberapa langkah diatas kamu bisa membuktikan kalau dengan kerja keras dan berpikir kreatif bisa mengantarkanmu ke tempat yang lebih baik. Apakah kamu termasuk salah satu orang yang memburu beasiswa?