Harus pindah sekolah? Ini 5 tips mudah agar kamu bisa lebih nyaman di tempat baru!

Perubahan nggak selamanya harus menyeramkan kok

 

Perubahan akan selamanya terjadi dalam hidup kita, apalagi sebagai remaja yang mengalami perubahan fisik dan pikiran. Namun kadang kita juga harus menerima kenyataan kalau harus terpaksa berpisah dengan lingkungan dimana kita dibesarkan. Apapun alasannya kita harus bisa cepat beradaptasi dengan hal yang baru, termasuk jika kamu harus pindah sekolah nih. Kira-kira apa aja yang harus kamu lakukan ya untuk menemukan kenyamanan? Cek dulu poin-poin dibawah!

 

Kalau bisa, minta waktu untuk ‘kenalan’ dulu dengan sekolah

Mengingat kamu harus menghabiskan banyak waktu di lingkungan sekolah yang baru, ada baiknya kamu kenalan dulu dengan elemen-elemen yang ada. Seperti dimana letak kelasmu nanti, berkenalan dengan guru-guru yang akan mengajar bahkan ada makanan apa aja di kantin!

 

Jangan lupa persiapkan materi sekolah dengan baik

Bukan hanya mood yang harus kamu tata, tapi juga apa saja yang akan kamu gunakan nantinya. Pastikan mulai dari buku pelajaran udah lengkap dan alat tulis juga jangan sampai ketinggalan. Walaupun sepele, jika kamu mempersiapkannya dengan baik akan membuatmu lebih percaya diri.

 

Canggung? Udah biasa!

Nggak semua orang bisa langsung akrab dengan lingkungan sekitarnya hanya dalam beberapa jam, begitu juga denganmu yang mungkin canggung banget. Wajar kok jika kamu mengalami hal ini, amati saja dulu keadaan sekitarmu agar kamu juga nggak salah bersikap nantinya.

 

Nggak perlu berlebihan saat kenalan dengan teman baru

Menjadi diri sendiri adalah hal yang perlu kamu tanamkan, memang untuk membuat orang lain nyaman kita juga harus mengerti mereka kok. Tapi bukan berarti kamu harus menjadi sosok yang ‘palsu’ saat bersama teman-teman yang baru.

 

Teman baru udah ada tapi jangan sampai melupakan teman lama ya!

Menjaga hubungan pertemanan itu penting banget! Jika kita ada masalah, teman-teman kita yang akan siap mendukung kita kapanpun. Keberadaan teman di lingkungan baru juga penting, tapi bukan berarti kamu harus putus hubungan dengan teman yang lama. Dengan teknologi kini, semuanya akan terasa lebih dekat!

 

Walaupun mungkin masih merasa mengganjal, ingatlah kamu juga nggak sendirian kok! Kalau perlu nanti kamu juga bisa cerita ke orang tua kamu tentang apa yang jadi kesulitanmu saat di sekolah. Menurutmu apalagi yang bisa dilakukan agar cepat nyaman di lingkungan yang baru? Tambahkan di kolom komentar yuk!