“Bukannya saat di kampus nggak udah ribet ekskul ya?”, “Pasti udah sibuk banget deh sama kelas yang akan diambil!”. Apakah dua pertanyaan ini sering muncul di pikiran saat udah mendekati pendaftaran masuk perkuliahan? Wajar kok jika pertanyaan tentang kegiatan ekstrakurikuler ini muncul, kamu ingin mempersiapkan diri dengan baik agar waktu yang kamu miliki nggak terbuang sia-sia. Tapi patut diakui, kalau kamu ikutan ekskul saat di kampus nanti punya banyak manfaat kok! Nggak percaya? Simak dulu deh poin-poin dibawah ini!

 

Ikut banyak kegiatan akan membuatmu mengenal diri sendiri

Perjalanan mencari jati diri memang nggak ada habisnya, kalau kata orang tua dan guru sih sejak remaja kita udah harus bisa mengenali potensi. Namun jangan mengira saat kamu beranjak dewasa proses ini sudah selesai! Dengan bertemu banyak orang dan menghadapi berbagai situasi, saat ikutan ekskul kamu juga bisa belajar mengenal diri lebih baik.

 

Banyak life-skill yang akan berkembang seiring dengan banyaknya kegiatan

Kuliah nggak hanya soal mendapatkan gelar lalu pekerjaan kantoran, namun hal yang bisa kamu dapatkan adalah mengembangkan life skill yang akan berguna setiap saat. Apakah kemampuan bertahan hidup bisa sepenuhnya kamu andalkan dari materi perkuliahan? Tentu tidak! Makanya kamu harus mempertimbangkan untuk gabung kegiatan kemahasiswaan yang ada di kampus.

 

Teman kuliah bisa jadi networking yang bermanfaat lho nanti!

Nggak bisa dipungkiri untuk melancarkan pekerjaan dan urusan kita selalu ada bantuan dari teman yang bisa kita manfaatkan. Dengan pergaulan dan wawasan luas yang kita miliki, tentu teman saat kuliah bisa jadi investasi networking nantinya.

 

Ekskul di kampus juga bisa berguna untuk mengembangkan kemampuan di kelas

Siapa bilang kegiatan organisasi bisanya hanya membuat nilai jeblok? Justru dengan memahami banyak referensi dan menerapkannya langsung, kamu bisa memberikan contoh nyata bagaimana teori yang akan diberikan oleh dosen nantinya.

 

Banyak cara yang bisa kita lakukan agar waktu kita menjadi lebih bermanfaat dan ikutan ekskul serta berbagai kegiatan jadi cara yang tepat. Kalau udah tau manfaatnya diatas, yakin nih nggak mau gabung kegiatan apapun?