Ingat! Sosial media bukanlah tempat untuk posting tentang 5 hal ini. Simak ya!

Postingan yang kamu bagikan bisa memicu bahaya lho!

 

Terlahir sebagai generasi yang akrab dengan sosial media, kita punya kebiasaan untuk memposting segala kegiatan. Namun kita nggak peka dengan apa yang kita post, hal-hal yang sebenarnya jadi privasi malah kita publikasikan, padahal kita nggak ngerti semua kan follower kita siapa? Sebelum terlambat, yuk cek apa aja yang seharusnya nggak kita post di sosial media!

 

Detail lokasi

Seneng sih kalau bisa eksis dimana-mana dengan update real-time, namun apa jadinya kalau fitur ini disalahgunakan? Jika kamu ingin update dimana kamu berada, pastikan kamu sudah meninggalkan tempatnya ya. Get follower, not getting followed!

 

Foto atau video tanpa ijin

Kesel nggak kalau ada foto atau video yang menampilkan wajah atau badanmu tersebar begitu saja di sosial media tanpa seijinmu? Nah daripada nanti kamu dimusuhi atau nggak enak sama teman, pastikan kamu minta ijin dulu untuk posting di akunmu ya jika ada foto atau video bersama.

 

Keluhan tentang orang lain

Keberadaan sosial media tanpa sadar selalu membuat kita dengan mudah berbicara, baik itu di kolom komentar atau di caption jika dibiasakan, tentu akan jadi boomerang. Salah satunya adalah posting banyak keluhan tentang sesuatu atau seseorang. Jangan sampai kena masalah seperti ini ya!

 

Update real time tentang keadaanmu

Sadar nggak? Sosial media juga ‘menuntut’ kita untuk terus-terusan update tentang keadaan kita. Update-an seperti “Di rumah sepi banget nggak ada orang” atau “Lagi makan disini nggak tau deh pulang jam berapa” lebih mudah kita lontarkan begitu saja. Walaupun remeh, bisa mengundang niat jahat orang lain lho.

 

Tentang keuangan

Show off alias pamer adalah salah satu hal yang kerap kita lakukan baik sengaja maupun tidak, mulai dari benda yang kita punya sampai ada berapa uang yang kita miliki. Hal-hal seperti ini lebih baik kamu simpan sendiri ya, karena informasi tentang finansial itu penting dan nggak perlu ada yang tau.

 

Nah sekarang coba cek lagi postingan kita, mulai dari yang ada di Instagram, Twitter atau bahkan Facebook. Mungkin kedengarannya berlebihan banget kalau kamu harus membatasi diri dengan nggak posting hal-hal tertentu, tapi jika hal itu melindungimu nggak ada salahnya kan? Dari lima hal diatas, mana nih yang kira-kira paling sering kamu langgar?