Merantau. Apa hal yang terlintas saat mendengar satu kata itu? Apakah kamu terbayang sedihnya ketika hidup jauh dari orang tua? Atau terbayang bagaimana nantinya kamu udah harus bisa apapun sendirian tanpa bantuan? Sebagian besar dari kita nanti akan merasakan hal ini, terutama untukmu yang memutuskan untuk kuliah ke luar kota dan hidup ngekos, udah terasa belum gimana deg-degan nya? Berikut kita punya beberapa tips untukmu yang ingin merantau sambil cari ilmu, simak yuk!

 

Manage keuangan dengan baik

Bekal utama bisa merantau dan mendapatkan kepercayaan orang tua  untuk melakukannya adalah membuktikan kalau kamu bisa mengelola keuagan dengan baik. Belajar menabung dan nggak menghamburkan uang di awal bulan adalah langkah yang baik dilakukan. Kalau kamu nggak bisa manage uang sendiri, gimana bisa merantau nih?

 

Biasakan diri untuk punya jadwal teratur 

Nggak akan bingung lagi deh untuk menyeimbangkan waktu belajar dan main nantinya, dengan jadwal yang teratur kamu juga tau mana waktu yang pas untuk me time! Orang rumah juga nggak akan bingung lho kalau kamu punya jadwal, komunikasi pun berjalan dengan lancar.

 

Bisa mengatur waktu belajar 

Saat nanti merantau, mungkin belum banyak orang yang bisa diajak sharing tentang bagaimana kamu enaknya belajar beda dengan saat sekolah. Kebebasan yang kita miliki saat jauh dari orang tua membuat kita juga harus bisa mandiri untuk belajar, kalau main mulu IPK bisa jatuh lho. Makanya mulai sekarang belajar biasakan belajar teratur walaupun hanya sebentar.

 

Berani untuk kemanapun sendirian

Saat sekolah sih kamu tinggal chat teman-teman kamu aja untuk diajak jalan, tapi saat merantau kamu udah harus siap sendirian dulu kemana-mana. Coba tantang dirimu mulai sekarang untuk jalan sendirian, menyenangkan kok sekalian kamu bisa kenalan lebih jauh dengan diri sendiri!

 

Bisa keluar dari zona nyaman dan mandiri untuk mengejar cita-cita emang keren banget kelihatannya, tapi jangan lupa kalau kamu juga harus mempersiapkan diri dengan baik. Jangan sampai kamu malah enak-enakan aja di kosan padahal orang tua udah mempercayakan semuanya padamu. Udah siap belum nih untuk merantau?