Ini Tiga Cara Menghadapi Konten Negatif di Medsos

Fera Rahmatun Nazilah

Kamu suka main game? Sama dong. Terkadang nih kita bakal membunuh atau melawan para musuh kan. Nah, di internet juga sama kok, tapi yang kita lawan namanya konten negatif seperti kekerasan, penipuan, provokasi SARA, pornografi, berita bohong, perundungan, dan lain sebagainya. Lebih parahnya, konten-konten negatif itu ada di sekitar kita. Hiks...

Tapi, jangan panik dulu gais. Ada tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk memerangi konten negatif di medsos

Jangan Mengomentari Konten Negatif

Konten negatif memang bikin jari gatal untuk segera mengomentari dan mendebat sang pembuat. Tapi tahukah kamu bahwa komentar yang banyak dapat membuat rangking konten tersebut semakin tinggi? Alih-alih membantu, tindakanmu justru malah membuat konten negatif itu semakin populer dan dilihat banyak orang.

So, lebih baik kita menahan diri dari pada mengasapi api. Tarik nafas dalam-dalam, lalu tutup mata dan abaikan saja konten negatif yang kamu temui. Sebaliknya, kita lebih baik mengomentari konten-konten positif dengan apresiasi atau dukungan.

Produksi dan perbanyak Konten Positif

Jangan sampai konten negatif mendominasi media sosial. Ia harus dilawan dengan berbagai konten positif. Ya nggak sih? Sama kayak main Game gitu, layaknya pasukan perang-perangan, semakin banyak pasukannya, maka akan semakin besar pula kemungkinan untuk menang. Jadi, semakin banyak konten positif yang tersebar di media sosial, maka konten negatif akan semakin terkucilkan.

Nah, ini bisa dimulai dari kamu. Yuk produksi dan perbanyak konten positif yang bermanfaat, damai dan toleran!

Laporkan

Konten negatif tentu saja tidak bisa dibiarkan menghantui media sosial, namun kita pun tidak dapat bertindak karena tidak memiliki kuasa. Oleh karena itu, ketika berjumpa dengan konten negatif, kamu bisa melaporkannya langsung ke pihak berwenang. Kamu bisa mengirimkan alamat link, nama akun media sosial, aplikasi mobile, dan software yang memuat unsur negatif sesuai peraturan perundang-undangan.

Laporan tersebut bisa kamu layangkan ke aduankonten@mail.kominfo.go.id. Aduan yang kamu kirimkan akan dipertimbangkan dan diproses setelah melalui verifikasi. Kerahasiaan pelapor juga akan terjaga, jadi jangan takut untuk melaporkan konten-konten negatif.

Kalau kamu prihatin dengan penyebaran konten negatif yang semakin masif, yuk segera lakukan tiga cara ini, demi menyongsong masa depan media sosial yang lebih aman dan tentram.