Dengan perkembangan teknologi sepesat sekarang, rasanya sayang ya kalau kita nggak bisa memanfaatkannya dengan baik? Apalagi sekarang semua udah serba online! Untukmu yang nggak mau nganggurin smartphone mahal pasti udah kepikiran macem-macem nih untuk buka usaha. Mungkin kamu udah punya produk yang siap dipasarkan? Atau ingin menjual jasa tertentu? Apapun bentuknya nanti, menjalankan bisnis memang nggak bisa asal-asalan, sebelum memulai yuk cek dulu nih poin-poin kita berikut ini!

 

Modal uang bukanlah segalanya

Memang saat mendengar kata ‘modal’ yang terbayang pertama kali adalah uang yang jumlahnya nggak sedikit. Namun jangan sampai pemikiran ini menjebakmu yang akhirnya bisa membuat usaha jadi sekedar rencana aja gara-gara nunggu modal uang. Modal yang diperlukan juga berupa kemauan belajar yang tinggi, serta sikap tekun yang harus dimiliki. Percuma dong kalo punya banyak uang tapi nggak bisa dikelola dengan baik?

 

Membangun relasi itu penting banget!

Bukan untuk praktek nepotisme ya! Tapi dengan membangun relasi yang baik kamu bisa saling sharing mengenai bisnis yang dijalankan. Belum lagi nantinya bisa mendapatkan inspirasi baru nih untuk melanjutkan usahamu. 

 

Pastikan apa yang kamu kerjakan nanti punya manfaat bagi orang banyak

Banyak orang memulai usaha pasti tujuannya untuk mendapatkan keuntungan berupa materi, nggak salah kok! Tapi yang harus diingat, saat memulai usaha tanyakan pada diri sendiri: usahaku nanti bisa membantu banyak orang nggak ya? Karena sekedar mendapatkan uang aja nggak cukup, kita juga harus bisa berkontribusi untuk orang lain.

 

Harus siap diberi banyak beban

Siapa bilang jadi pemilik usaha tinggal bersilang kaki? Justru kamulah nanti yang akan banyak bekerja duluan kesana dan kemari. Nanti pun kalau udah punya karyawan, akan ada orang yang tergantung padamu lho secara finansial!

 

Luangkan waktu untuk terus belajar 

Dengan kesibukan yang kamu miliki sebagai pengusaha, pastikan kamu masih punya semangat untuk belajar demi meningkatkan usahamu. Lebih baik kamu juga bisa punya mentor nih biar makin fokus!

 

Memulai apapun adalah tahapan tersulit yang kita alami saat akan menjalani sesuatu, kadang malah banyak yang terlalu takut untuk memulai dan akhirnya hanya sekedar rencana. Semoga kamu bukan termasuk salah satu diantaranya ya! Kamu mau mulai bisnis apa nih kira-kira?