Bisa memilih jurusan yang sesuai dengan passion adalah hal yang didambakan semua orang, terutama untuk kamu yang punya ambisi masuk ke jurusan IPS saat akan masuk ke SMA. Memang jurusan ini istimewa banget lho! Banyak berkutat dengan teori social dan bisa melihatnya sendiri saat ada fenomena di lingkungan adalah kepuasan tersendiri. Tapi tentu nggak hanya itu yang membuat jurusan ini masih banyak dibutuhkan di dunia kerja, simak yuk beberapa alasan lainnya dibawah ini!

 

Banyak belajar tentang dinamika masyarakat

Anak IPS nggak hanya belajar tentang teori, tapi juga bagaimana kita bisa mengaitkannya dengan situasi lingkungan baik itu dalam skala besar ataupun kecil. Kehidupan masyarakat yang dinamis otomatis membuat kita juga udah jadi ahlinya saat ada fenomena masyarakat yang terjadi. Kepekaan ini penting lho agar generasi kita selalu kritis dan jauh dari kata menghakimi!

 

Bisa menjadi ahli untuk membuat aturan

Banyaknya observasi yang dilakukan dan bagaimana menurut kita masalah yang ada bisa diselesaikan dengan teori yang sudah dipelajari akan membuat anak IPS cerdas dalam membuat aturan. Kepekaan dan sikap kritis yang dimiliki penting dalam membuat aturan agar tetap adil dan pas saat dijalankan. Penting nih untuk kamu yang ingin kerja di pemerintahan!

 

Akrab dengan aturan yang ada diluar negeri sejak dini

Menjadi negara yang letaknya strategis banyak menguntungkan Indonesia, negara kepulauan tercinta ini juga udah akrab banget dong pasti dengan negosiasi saat berhubungan dengan negara lain. Anak IPS tentu harus mengerti juga aturan yang ada di luar negeri agar mereka bisa memberikan pendapat yang seimbang saat ada konflik antar negara. 

 

Anak IPS terbiasa punya pendapat yang kritis

Karena harus bisa menimbang berbagai faktor untuk mengambil keputusan, nggak heran deh kalau anak IPS juga udah terlatih pikirannya menjadi lebih kritis. Bukannya harus serba serius sih, tapi kalau kita terbiasa untuk nggak menghakimi, bagus dong untuk masa depan generasi kita?

 

Terbukti kalau anak IPS keberadaannya masih banyak dibutuhkan, dari apa yang kita pelajari di sekolah nantinya bisa kita terapkan di dunia nyata. Tapi walaupun kamu nantinya belum bisa kerja sesuai bidang, tentu pengetahuan ini nggak akan terbuang sia-sia. Mana nih yang udah masuk IPS?