Pernah nggak kamu merasa nggak semangat saat beraktivitas? Tapi kamu nggak ngerti apa sih yang menganggumu, kalau tugas sih bisa diselesaikan, hubungan dengan teman juga baik-baik aja. Kalau kamu penasaran kenapa hal ini bisa terjadi, yuk saatnya kenalan lagi dengan diri sendiri! Nggak hanya berguna saat menghadapi stress, kalau kita udah kenal banget sama diri sendiri dan mengutamakan self-care, hidup lebih mandiri akan lebih mudah kita jalani! Simak dulu yuk beberapa tips berikut ini.

 

Perbanyak waktu untuk jalan sendiri

Siapa bilang kalau sendirian itu tandanya kita kesepian? Menghabiskan waktu bersama teman memang menyenangkan, tapi kalau kita sendirian akan lebih banyak waktu untuk berpikir dan lebih mengenal diri sendiri. Kamu bebas untuk melakukan apapun tanpa ada tekanan dari orang lain, bisa membiasakanmu untuk mandiri juga lho!

 

Mulai mengenali tipe-tipe teman yang ada di sekitar

Nggak salah kok kalau orang tua kita minta kita berhati-hati dalam pilih teman, karena nyatanya dengan siapa kita berkumpul sehari-hari akan mempengaruhi karakter kita. Jadi kalau ingin lebih cinta pada diri sendiri, coba amati geng-mu deh! Ada nggak nih yang kira-kira suka menghalangimu untuk jadi lebih produktif?

 

Mencari passion 

Kita bisa cinta pada diri sendiri kalau kita udah menemukan apa yang kita suka, entah itu menggambar, foto ataupun sekedar browsing film yang menarik. Mencari passion akan jadi kegiatan positif yang membuatmu mencintai diri sendiri dengan cara yang positif.

 

Berani untuk berkata 'Iya' pada situasi yang sulit

Terjebak pada situasi yang aman dan nyaman memang membuat kita sering lupa diri kalau diluar sana banyak hal lain yang lebih menyenangkan. Kalau kita ingin cinta pada diri sendiri, berarti kita juga harus berani menantang diri sendiri agar pengalaman bertambah. 

 

Mencintai diri sendiri bukan berarti kita egois, justru dengan mengetahui apa yang kita mau dan seperti apa yang cukup untuk kita berbuat baik pada sesama akan lebih mudah. Kira-kira kamu udah cinta belum sih sama diri sendiri?