Bisa punya usaha sendiri adalah hal yang banyak diinginkan semua orang, siapa sih yang nggak ingin punya penghasilan yang banyak? Dibalik gaya hidup mewah yang mungkin dimiliki oleh banyak pengusaha, banyak perjuangan yang harus mereka lalui. Hasil dari kerja keras dan kreatifitaslah yang akan membuat usaha apapun jadi lebih baik, jadi kalau kamu ingin punya bisnis jadi wajib bisa melihat peluang yang ada. Kira-kira gimana caranya agar otak kamu lebih kreatif dalam berbisnis? Intip yuk beberapa tips kita dibawah ini!

 

Jangan ragu memberikan tester gratis

Saat membuat produk baru, pastikan kamu udah mengantongi insight atau kritik dan saran dari para calon pembeli potensial. Hal ini bisa kamu lakukan dengan memberikan tester gratis, jangan jauh-jauh cukup berikan ke teman terdekat yang bisa memberikanmu saran aja. Kalau pelit tester sama orang lain, gimana mau mendapatkan saran yang berguna?

 

Buka peluang untuk kolaborasi dengan produk lain

Saat ini udah nggak zaman bersaing dengan saling menjatuhkan, justru bisa kolaborasi dengan berbagai brand akan semakin membuat bisnismu makin oke. Konsep kolaborasi ini juga akan membuka pikiranmu agar makin kreatif, jadi jangan menganggap brand lain adalah musuh yang harus ditakhlukkan lho!

 

Banyak jalan dan mencatat apa yang ada di sekitar

Nggak harus traveling sampai ke luar negeri untuk jalan-jalan cari inspirasi, mampir aja ke taman yang ada di pinggiran kota untuk banyak mengamati lalu lalang. Biasanya dengan membuat catatan kecil berisi banyak pengamatan kita akan membuat pikiran kreatif muncul lho. Kamu juga bisa melihat apakah ada peluang bisnis yang bisa dimasuki.

 

Luangkan banyak waktu untuk riset

Biasanya kita banyak mendengar cerita kalau bisnis yang sudah sukses adalah hasil dari aji mumpung alias kebetulan, tapi bukan berarti kita juga harus mengikuti pola ini lho. Investasikan waktumu untuk banyak membaca materi tentang bisnis yang akan kamu jalani, jadi nanti nggak akan ‘buta’ di tengah jalan.


Berpikir kreatif terbukti nggak hanya berlaku saat kita sedang mengerjakan tugas aja, tapi juga harus diaplikasikan ke ‘dunia nyata’ nih! Ide kreatif memang harus dipancing setiap saat, nggak hanya untuk kelancaran bisnis tapi agar otak kamu selalu fresh !