Salah satu tanda kamu udah jadi orang yang lebih dewasa adalah dengan adanya kemampuan untuk
mengurus diri sendiri. Mulai dari persiapan untuk ekstra kurikuler, les bareng temen, sampai ngatur
waktu belajar udah harus bisa kamu lakukan sendiri. Kadang emang capek sih, tapi percayalah saat
kamu terbiasa untuk mandiri nantinya semua akan lebih mudah. Ada beberapa langkah awal yang bisa
kamu terapkan saat ingin belajar jadi lebih independen, kira-kira apa aja ya? Simak yuk poin-poin kita
dibawah ini!

Kenali diri sendiri dulu yuk!
Katanya sih, tak kenal maka tak sayang! Hal ini nggak hanya berlaku saat kamu berada di situasi baru
dan berkenalan dengan orang lain. Untuk menjadi pribadi yang mandiri, kamu juga harus bisa mengenali
diri sendiri dengan baik. Dengan mengetahui seperti apa karaktermu, langkah apapun yang kamu
lakukan terasa lebih mudah dan nyaman.

Pastikan kamu punya motivasi yang kuat
Untuk membentuk karakter yang mandiri kamu perlu motivasi yang kuat dan nggak mudah dipengaruhi
orang lain. Udah nggak ada cerita untuk tunggu-tungguan lagi saat pengen jalan, ataupun rasa takut
untuk menyampaikan apa pendapatmu. Saat jadi mandiri yang kamu pikirkan adalah bagaimana bisa
bertahan di berbagai situasi dengan motivasi yang kamu punya.

Belajar untuk nggak memperdulikan apa pendapat orang lain
Salah satu hal yang sering mengganggu adalah ketika kita banyak membiarkan pendapat orang lain
masuk ke dalam pikiran. Langkah awal jadi mandiri adalah dengan membiarkan pendapat orang lain
yang hanya ingin kepo itu pergi dengan sendirinya.

Sikap mandiri itu untuk diri sendiri
Bukan untuk temanmu yang sedang galau ingin ini dan itu, ataupun bukan untuk teman yang selalu PHP
kamu dengan keputusannya. Sikap mandiri akan membuatmu melangkah lebih jauh karena kamu fokus
pada tujuan.

Berani menjauhi orang atau hal-hal yang toxic
Serem sih ketika kita harus bisa meninggalkan teman-teman kita, ada sedikit rasa takut saat kita ingin
mandiri malah akan dijauhi. Tapi jika kamu tau lingkungan yang sekarang itu toxic dan nggak
membuatmu berkembang, berarti saatnya move on!

Walaupun mungkin nantinya banyak yang nanyain “Kok kamu sendirian sih?” nggak akan jadi masalah
buatmu! Mana nih langkah yang akan kamu lakukan duluan? Kasih tau di kolom komentar ya!