Pasti seneng dong bisa punya banyak teman yang membuat harimu makin semangat? Mulai dari sekolah sampai nongkrong, keberadaan orang-orang sekitar memang bisa bikin mood lebih baik. Tapi apa jadinya kalau ada yang membuat kita malah emosi karena sifatnya yang keras kepala? Selain punya sikap egois yang tinggi, biasanya orang yang keras kepala juga susah banget diajak kompromi saat ada masalah. Daripada berlarut-larut saat bertengkar, berikut ini kita punya beberapa tips agar kamu cepat baikan dengan teman yang keras kepala. Simak yuk!

 

Coba tempatkan diri di posisi mereka

Saat terlibat argumen dan punya masalah sadar nggak sih kalau kita lebih sering memberikan perhatian hanya pada diri sendiri? Sikap seperti ini wajar kalau kita terapkan, tapi saat ada teman yang juag keras kepala, mau nggak mau kita harus bisa mengalah. Coba tempatkan dirimu ada di posisinya, dengan melihat masalah dari sudut pandangnya kamu juga bisa lebih mengerti.

 

Jelaskan masalahnya perlahan

Biasanya orang keras kepala udah nggak mau mendengarkan saran dan juga bantahan, yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjelaskan apa yang terjadi dengan lemah lembut. Sungkan juga kan dia kalau kamunya udah bicara baik-baik malah dia tetap ‘jadi batu’ !

 

Jangan langsung menanggapi saat ia sedang emosi

Saat emosi sedang naik-naiknya, suasana perlu ditenangkan dan harus ada yang memulai atau setidaknya nggak menambah emosi. Jika temanmu yang keras kepala ini sedang marah-marah, lebih baik diamkan aja dulu dan jangan langsung menanggapi amarahnya. Kadang orang hanya butuh waktu lebih kok!

 

Memberikan opsi untuk menyelesaikan masalah

Karena hanya terpaku ada satu hal, kadang masalah nggak selesai dengan mudah. Coba memberikan solusi lain agar temanmu yang keras kepala ini nggak merasa ‘stuck’ di konflik yang sama, berikanlah ruang agar dia menuangkan apa yang dipikirkan.

 

Kita nggak harus mengubah orang lain agar sifatnya berubah, tapi yang bisa kita lakukan adalah menyikapinya dengan bijak. Salah satu proses menjadi dewasa adalah bisa mengkomunikasikan apap yang kita inginkan dengan baik lho. Jadikan aja temanmu ini sebagai salah satu cara jadi lebih dewasa, bagaimana menurutmu?