Dunia kerja nanti memang akan jadi tempat yang menantang untuk kita, bukan hanya dari tugas yang diembankan tapi juga bagaimana nantinya kita bisa membawa teori yang ada di kelas masuk ke dunia nyata! Untukmu yang memilih jurusan IPS, jangan khawatir deh nanti kalau udah mikir masalah pekerjaan, buktinya masih banyak lho bidang yang bisa kamu kuasai usai lulus nanti. Kira-kira apa aja ya? Scroll dulu yuk!

 

Jurnalis

Profesi yang satu ini memang punya citra tersendiri di masyarakat, jurnalis adalah pengawas pemerintah dan masyarakat yang keberadaannya penting banget! Keberanian dalam mencari informasi, kepekaan terhadap masyarakat sekitar dan juga pikiran yang kritis adalah kombinasi yang pas untuk menjalani pekerjaan yang satu ini!

 

Diplomat

Melakukan negosiasi tentu udah bukan hal yang asing bagi kita, khususnya bagi anak IPS yang udah belajar bagaimana caranya sejak dini. Materi tentang bagaimana menjalani kehidupan yang damai antar negara dan menerapkannya dengan baik udah pasti bisa dipraktekkan oleh anak IPS tanpa ragu! 

 

Pengacara

Memang tinggal di Indonesia dengan berbagai ceritanya nggak pernah habis diikuti, terutama dari segi penegakan hukumnya nih. Jadi pengacara tentu akan jadi profesi yang pas untuk anak IPS, karena selain udah betah mengurusi berkas yang banyak, seorang pengacara juga harus punya rasa empati yang tinggi. Pas banget buat kamu!

 

Pengamat Politik

Mungkin mendengarkannya aja kita udah bosen duluan sih, tapi jangan salah! Paham politik adalah salah satu cara agar kita tetap bisa menjadi masyarakat yang damai lho! Kalau anak IPS sih udah pasti menjadikan politik salah satu topik favorit, apalagi kalau sampai bisa menjadi pengamat yang pendapatnya jadi bahan pertimbangan saat ada kasus. 

 

Ahli Ekonomi

“Lho? Anak IPS kok malah belajar hitung-hitungan?”, pastinya dong! Anak IPS banyak banget nih yang igin jadi pakar atau ahli ekonomi, karena aturan yang dibuat oleh pemerintah juga nggak lepas dari peran penting ilmu social dan pasar yang ada. Jadi pekerjaan ini pas banget untuk anak IPS!

 

Punya pekerjaan yang bisa membantu banyak orang adalah salah satu faktor yang membuat anak IPS bersemangat dalam belajar. Terbukti banyaknya teori yang kita ‘telan’ saat di sekolah akan berguna kok waktu kerja! Apakah pekerjaan yang jadi cita-citamu ada di daftar?