Ikutan ekstra kurikuler saat di sekolah memang diwajibkan tapi tentu nggak hanya sekedar untuk mengisi kolom nilai yang ada di raport, tapi juga membuat kita bsia mengembangkan potensi diri. Kegiatan ekstra kurikuler apapun juga bisa kita pilih dengan bebas, mulai dari olah raga, seni sampai yang hubungannya dengan mata pelajaran tertentu. Kegiatan di luar jam sekolah ini tentu bisa jadi hiburan tersendiri, tapi nggak mau kan kalau waktu kita banyak terbuang untuk menjalani ekskul yang nggak bikin kita berkembang? Makanya itu penting banget untuk menyadari apa potensi kita, beberapa poin dibawah ini akan membantumu untuk mengenalinya, simak yuk!

 

Saat disuruh menyebutkan hobi, apa yang kamu pikirkan?

Bukan hanya kegiatan yang kamu lakukan saat ada waktu luang, kalau bisa hobi yang satu ini juga bisa membuatmu lebih bahagia saat melakukannya. Bisa memilih ekskul yang ada hubungannya dengan hobimu tentu lebih menyenangkan kan? Biasanya dengan ikutan ekskul, kamu juga akhirnya bisa menjadikan hobi sesuatu yang menghasilkan!

 

Siapa sih role model kamu selama ini?

Tanpa sadar dengan mempunyai role model atau idola kamu juga bisa menjadikan apa yang mereka lakukan sebagai motivasi lho. Misalkan aja kamu mengidolakan salah satu band, tentu akan membuatmu penasaran terus menggali potensi dalam bermain musik. Ikutan ekskul music yang ada di sekolah tentu bisa jadi pilihan tepat!

 

Apakah yang kamu pilih nanti akan membuatmu berkembang?

Ini nih pertanyaan sulit yang harus bisa kamu jawab dengan jujur pada diri sendiri, karena saat melakukan ekstra kurikuler akan memakan waktu cukup lama. Jangan sampai akhirnya kamu melakukan sesuatu yang sia-sia. Nggak mau dong rugi untuk mengeluarkan tenaga aja setiap minggunya? 

 

Jangan cuma dibayangin aja, coba tulis apa aja tujuanmu

Setiap orang pasti punya cita-cita dan keinginan yang ingin dicapai, dengan mengenali apa potensimu tujuan akan lebih mudah diraih. Maka dari itu coba ambil selembar kertas dan tuliskan apa sih yang ingin kamu lakukan di masa depan? Alam bawah sadar kamu juga akan semangat untuk melakukan hal yang berhubungan dengan meraih tujuanmu lho.

 

Mengenali potensi diri juga akan banyak membantu kita nantinya saat bingung memilih jurusan dan bahkan pekerjaan yang diinginkan. Mana nih poin yang menurutmu bisa banyak membantu?