Akhirnya setelah menunggu cukup lama untuk memilih jurusan, kamu memutuskan untuk masuk ke jurusan IPS saat di SMA. Pilihan ini akan membuatmu berkutat cukup lama dengan teori-teori tentang kemasyarakatan, hubungan antar manusia dalam struktur masyarakat hingga kenalan lebih jauh dengan teritori yang ada di peta. Menyenangkan sih bisa belajar lebih jauh tentang bagaimana manusia hubungan social bisa berubah seiring waktu, tapi kalau udah ngomongin nantinya akan lanjut kemana saat kuliah masih bingung nggak nih? Daripada galau, coba intipin beberapa jurusan yang ada di bawah ini!

 

Bisnis dan Manajemen

Saat kamu mendengarkan kedua kata ini, udah terbayang kan pekerjaan seru yang akan kamu lakukan di perusahaan? Bisa ikut mengembangkan bisnis yang kuat secara teori dan praktek akan membuatmu semangat. Jurusan ini mempraktekkan juga teori yang kamu pelajari tentang hubungan antar manusia dan ekonomi lho!

 

Hubungan Internasional

Siapa nih yang pengen jadi diplomat nantinya? Masuk ke jurusan IPS saat SMA tentu akan banyak membantumu bertahan di jurusan Hubungan Internasional. Nggak hanya akan mendapatkan pelajarannya secara teori, kamu nantinya juga bisa dapat kesempatan magang lho di departemen pemerintahan! 

 

Ilmu Komunikasi

Diantara jurusan yang lain, patut diakui jurusan komunikasi akan punya lapangan pekerjaan yang lebih fleksibel, kamu bisa fokus ke media dan menjadi jurnalis tapi juga bisa merambah ke bidang yang lain. Makanya kalo anak IPS rugi banget deh nggak masuk jurusan yang satu ini!

 

Manajemen Perhotelan

Dunia pariwisata yang makin tahun prospeknya makin berkembang akan membuka lapangan pekerjaan lebih banyak dalam bidang hosplitality. Jangan salah, untuk membuat pelayanan lebih baik juga ada ilmunya lho! Tertarik masuk ke dunia pariwisata? Pilih aja jurusan ini!

 

Kesejahteraan Sosial

Walaupun nama jurusannya terkesan jadul banget, bukan berarti apa yang nanti kamu pelajari nggak akan terpakai lho di dunia nyata. Jurusan ini akan mengajarkanmu bagaimana pemerintah bisa membantu masyarakatnya agar hidup lebih baik dan kamu juga nanti bisa ambil bagian dalam membuat aturannya.

 

Bekal ilmu yang kamu dapatkan saat SMA pasti berguna kok saat kamu kuliah, apalagi jurusan yang ada di universitas fleksibel banget untuk anak IPS. Kamu bisa belajar hitung-hitungan, manajemen, hingga jurusan yang berhubungan dengan kemanusiaan. Kira-kira udah dapet gambaran belum kamu mau masuk yang mana?