Pernah nggak sih dikatain temen “Kok kamu jadinya sensi banget? Dasar baperan!”. Baper alias bawa perasaan adalah hal yang sebenarnya nggak bisa kita kontrol, yah namanya juga perasaan! Tapi dengan ejekan seperti itu apakah kamu jadinya males menunjukkan ekspresi baper saat ada kejadian tertentu? Kalau iya, jangan sampe deh! Karena sebenarnya menjadi orang yang baperan justru banyak dibutuhkan saat ini. Nggak percaya? Simak dulu deh poin-poin dibawah!

 

Kamu lebih peka terhadap apa yang ada di sekitar

Saat kita banyak menggunakan perasaan artinya sikap empati dan simpati lebih mudah kita alami, terutama saat ada orang lain di sekitar yang membutuhkan bantuan. Tanpa sadar kita juga sering jadi tempat curhat teman-teman, untukmu yang katanya baperan ini justru bisa mengerti orang lain adalah kelebihan!

 

Butuh keberanian lho untuk menunjukkan apa yang kamu rasakan

Baper bukan berarti seenaknya sendiri menunjukkan apa yang kamu rasakan nggak peduli tempat, justru kamu lebih banyak berpikir dulu sebelum berkata. Hal ini tentu penting mengingat saat ini banyak orang yang hanya berani ngomong tanpa dipikir. Bagimu mengungkapkan apa yang dirasakan itu penting banget, nggak heran banyak yang mengagumi keberanianmu.

 

Punya skill interpersonal yang baik

Dengan sikap empati yang kamu miliki, nggak hanya jago mendengarkan dan memberi saran untuk orang lain kamu juga jago banget me-lobby! Skill ini nggak semua orang punya lho, karena kebanyakan orang menggunakan kepalanya aja saat berhadapan dengan orang lain. Kamu yang lebih sensitive juga bisa membuat suasana lebih tenang.

 

Lebih bisa menikmati moment yang ada saat ini

Menjadi orang yang mengutamakan hati akan membuat mood terjaga dengan baik, karena kamu udah biasa nih mengamati dan mengerti keadaan orang lain. Ekspektasi juga bisa ‘dikontrol’ dengan baik oleh otakmu sendiri, dengan baper yang kamu rasakan menebarkan hawa positif jauh lebih mudah.

 

Nah terbukti menjadi baper akan banyak berguna saat kamu harus peka dengan lingkungan sekitar, menggunakan hati duluan nggak ada salahnya kok! Dari beberapa poin diatas, nggak jadi minder kan kalau baper udah mulai menghampiri?