Menyandang status sebagai mahasiswa kadang bisa susah-susah gampang lho. Dengan tuntutan harus menyelesaikan studi dalam waktu 4 tahun dan bisa berkontribusi untuk sekitar punya pressure tersendiri. Maka dari itu nggak heran deh kalau saat di perantauan ingin sekalian refreshing dong! Memang nggak ada salahnya untuk rehat sejenak, tapi jangan kelamaan ya! Daripada nanti kamu malah nggak lulus-lulus, mendingan cek dulu nih kesalahan apa yang jangan sampai kamu lakukan saat ngampus!

 

Banyak main, lupa belajar

Salah satu hal yang membuat kehidupan perkuliahan jauh dari kata bosan adalah keberadaan teman-teman. Nggak heran kumpul sama mereka udah jadi kegiatan yang wajib dilakukan, entah itu di kantin kampus atau nongkrong di coffeeshop dilakukan tiap ada kesempatan. Sayangnya hal ini juga yang membuat waktumu untuk belajar banyak atau bahkan nggak sempat untuk buka buku!

 

Malas banget ngurusin kamar kosan

Sebab kenapa kita harus tetap peduli dengan kamar kita selain karena alasan kebersihan adalah dengan punya rutinitas untuk membersihkan kamar, mental kita juga jadi lebih sehat. Memulai hari dengan merapikan tempat tidur membuat suasana hati lebih baik lho. Jangan sampai kamu malah suka kesiangan dan meninggalkan kamar dalam keadaan berantakan.

 

Nggak memanfaatkan kesempatan ikut komunitas / ekskul

Kuliah memang udah padat banget kegiatannya, tapi jangan sampai kamu lupa kalau ada banyak kegiatan ekstra yang berguna di kampus. Mulai dari komunitas yang berbau seni hingga olahraga, rugi lho kalo sampai nggak ikutan apa-apa! Kamu bisa mendapatkan teman baru dan juga ilmu yang nggak semua orang bisa dapatkan.

 

Meremehkan hubungan dengan dosen

Dekat dengan pengajar bukan berarti kita ingin bersikap manis demi nilai yang bagus, tapi bisa dekat dengan dosen nantinya juga menunjukkan kalau kamu menghargai mereka. Jangan ragu untuk menyapa dan ngobrol dengan mereka!

 

Terbiasa menunda sesuatu

Kalau yang satu ini memang susah banget dihilangkan deh, tapi saat kuliah kamu harus benar-benar niat nggak menunda sesuatu. Karena semakin banyak waktu yang kamu buang, akibatnya bisa merembet sampai telatnya kamu wisuda!


Walaupun punya pressure yang tinggi dan harus serba disiplin, bukan berarti kamu nggak bisa bersenang-senang kok! Jadikanlah waktumu saat masih sebagai mahasiswa jadi moment yang berharga seiring dengan ilmu yang akan kamu dapatkan. Gimana menurutmu?